Lihat ke Halaman Asli

KKNSERUT152

KKN Kolaborasi Se-Jember 2023

Peran Mahasiswa KKN Kolaboratif 152 Tingkatkan Kepedulian Warga Serut terhadap Lingkungan

Diperbarui: 31 Juli 2023   00:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerja Bakti di Dusun Kasian Desa Serut, Panti (Dok. Pribadi)

Desa Serut -- Perangkat Desa Serut berkomitmen dalam meningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan melakukan berbagai cara. Hal ini dilakukan agar masyarakat Desa Serut terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh kurang bersihnya lingkungan. Namun perangkat Desa Serut mengalami kendala dalam mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan seperti kerja bakti rutin. Maka dari itu bersama dengan Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 152 mengajak masyarakat untuk selalu ikut serta dalam kegiatan kerja bakti rutinan.

Kehadiran mahasiswa KKN Kolaboratif telah memberikan kontribusi dalam peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan ikut turun langsung bersama masyarakat membersihkan kawasan dengan sampah menumpuk. Kerja bakti pada minggu ini difokuskan pada Dusun Karanganom dan Dusun Kasian. Selain itu mahasiswa KKN Kolaboratif memberikan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat yang hadir di kerja bakti.

Pembersihan Gorong-Gorong (Dok. Pribadi)

Mahasiswa KKN Kolaboratif 152 juga akan mengadakan penyuluhan dengan materi yang difokuskan pada pemeberantasan sarang nyamuk (PSN) dan di dukung langsung oleh pihak Puskesmas Panti. Materi PSN diangkat karena penyakit DBD sempat menjadi kasus yang cukup serius di salah satu dusun yang ada di Desa Serut dalam waktu satu tahun ini. Selain mengadakan penyuluhan, mahasiswa KKN Kolaboatif 152 juga berkreasi dengan memanfaatkan sampah yang ada. Kegiatan tersebut akan diadakan pada minggu selanjutnya dan akan menjadi sebuah gebrakan yang diharapkan akan tetap dilaksanakan oleh warga sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline