Lihat ke Halaman Asli

kknsentul1

mahasiswa

Ini Tugas Bersih-bersih Bukan Healing

Diperbarui: 25 November 2023   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

pagi hari di posko kami tepat jam 06.00 WIB kami melaksanakan kegiatan yang kami niatkan untuk rutin dilaksanakan, yaitu senam bersama. setelah melaksanakan senam kami menunggu di jam 09.00 WIB karena kami mendapat undangan membersihkan lahan tubing, atau bisa disebut kawasan tubing di sekitar posko kami. kami memulainya dengan membersihkan area welcome tubing. kami membersihkan sekitar pesisir sungai karena banyaknya sampah-sampah buangan warga di sekitar sungai. ada yang buangan bukan berasal dari warga dusun ini akan tetapi berasal dari kampung hulu sungai juga.

awalnya kami mengira warga desa banyak membuang sampah di area sungai, tetapi kami mendapat informasi dari bapak kasun dan bapak RT setempat jika warga disini tidak membuang sampah di sungai bisa di katakan jarang. hal ini menjadi nilai positif dusun krajan, karena  patut diberi acungan jempol akn kesadaran warga dusun bahayanya membuang sampah di sungai.

setelah kami membersihkan area tubing kami pun di ajak untuk mencoba destinasi khas dusun krajan yang sudah lama tidak dibuka kembali yaitu tubing. jalur yang kami gunakan bukan lah jalur normal. kenapa bisa dikatakan demikian, karena jalur yang kami gunakan adalah jalur potong saja. jaraknya cukup dekat sekitar hanya 1 KM untuk sampai ke Finish.

kami pun mencoba destinasi ini bersama bapak Iyon selaku pak RT. awalnya kami kira tubing itu melelahkan tapi kami merasa terhibur dan senang. kami bisa merasakan derasnya arus sungai kali asem ini. Pak RT juga menyebutkan jika arus yang saat ini adalah arus kecil. Sebenarnya arus yang biasa dipakai adalah arus besar akan tetapi untuk saat ini kondisi sungai sedang berarus kecil. itupun tidak menggoyahkan semangat kami untuk melakukan tubing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline