Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mengadakan Workshop Kewirausahaan di Desa Nyamat, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Kegiatan yang bertajuk Workshop Digital Marketing : Memberdayakan UMKM Desa Melalui Pelatihan Digital Marketing ini dilaksanakan pada Hari Minggu, 16 Oktober 2022.
Digital marketing merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menarik konsumen dan calon konsumen agar produk yang dipasarkan dapat tepat sasaran. Di era sekarang, penggunaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas dan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri apabila digital marketing menjadi pilihan alternatif yang menjanjikan dalam memasarkan produk.
Desa Nyamat memiliki potensi UMKM yang sangat kuat, terbukti lebih dari 40 UMKM tersebar di enam dusun. Usaha yang mereka tekuni meliputi usaha pembuatan gula kacang, gula jahe, besek, telur asin, toko kelontong, konveksi dan lain sebagainya.
"Promosi brand berbagai jenis usaha dapat dilakukan melalui media digital, agar pelanggan mendapatkan produknya secara lebih cepat," ujar Syariful Anam, M.S.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
Beliau berharap agar produk UMKM sendiri tidak hanya dapat dipasarkan di Kecamatan Tengaran, namun mampu untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional.
Workshop kewirausahaan ini diisi oleh Agustinus Budi Santoso, S.ST, M.Cs yang merupakan dosen sistem informasi Universitas STEKOM. Kegiatan ini terdiri dari dua sesi, yaitu pemaparan materi dan praktik langsung. Pada sesi pemaparan materi, Agustinus menjelaskan mengenai strategi pemasaran digital.
"Dengan adanya digital marketing ini mampu mengubah pandangan masyarakat dalam strategi pemasaran usaha," ungkap Agustinus.
Pemasaran produk di media digital salah satunya dapat menggunakan website . Menurut Agustinus, terdapat beberapa tips dalam memasarkan produk melalui website, diantaranya:
1. Branding usaha Anda, berikan foto dan penawaran yang menarik serta harga dan kualitas yang kompetitif.