Lihat ke Halaman Asli

KKN Reguler Desa Tempursari

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Reguler Universitas Negeri Malang

Lampu Darurat Surya, Inovasi Tim KKN Reguler 2023 untuk Desa Tempursari

Diperbarui: 7 April 2023   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

(Malang, 03/04/2023) - Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler tahun 2023 di Desa Tempursari, Kecamatan Donomulyo, telah berhasil menciptakan sebuah produk inovatif pengganti lilin berupa lampu darurat yang menggunakan komponen panel surya mini. Dalam pembuatan lampu darurat, mahasiswa tersebut menggunakan metode do it yourself (DIY) atau membuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar lokasi.

Ide pembuatan lampu darurat ini muncul karena seringkali masih terjadi pemadaman listrik oleh PLN, sehingga seringkali mengalami kesulitan saat melakukan aktivitas di malam hari. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Reguler 2023 Universitas Negeri Malang berinisiatif untuk membuat lampu darurat yang mudah digunakan dan ramah lingkungan.

Pembuatan lampu darurat ini dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan-bahan yang mudah didapatkan, di antaranya adalah panel surya mini, baterai, rangkaian elektronik sederhana, dan bahan-bahan lainnya. Para mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang yang terlibat dalam pembuatan lampu darurat ini juga mengajarkan cara pembuatan kepada warga sekitar Desa Tempursari, sehingga masyarakat juga dapat membuat lampu darurat tersebut sendiri di rumah mereka.

Produk inovatif yang dihasilkan oleh para mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat Desa Tempursari dan pemerintah setempat. Selain dapat membantu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, pembuatan lampu darurat ini juga dapat menjadi salah satu alternatif usaha bagi masyarakat setempat.

Diharapkan, dengan adanya pembuatan lampu darurat yang menggunakan komponen panel surya mini dengan metode DIY ini, dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat Desa Tempursari dan sekitarnya serta menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk mengembangkan produk-produk inovatif yang ramah lingkungan dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline