Lihat ke Halaman Asli

KKN Reguler Desa Tempursari

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Reguler Universitas Negeri Malang

Perkiraan Kekuatan Mutu Beton Rabat Jalan Desa Tempursari Dengan Metode Hammer Test oleh Tim KKN Reguler UM 2023

Diperbarui: 7 April 2023   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

(Malang, 28/03/2023) - Tim KKN Reguler UM 2023 telah melakukan pengujian kekuatan mutu beton pada Rabat Jalan Desa Tempursari menggunakan metode Hammer Test. Pengujian tersebut dilakukan untuk memperkirakan kualitas beton dan menentukan apakah beton tersebut aman untuk digunakan.

Hammer Test merupakan metode pengujian non-destruktif yang digunakan untuk mengukur kekuatan beton dengan cara mengetuk permukaannya menggunakan palu khusus dan mendengarkan suara yang dihasilkan. Berdasarkan suara yang dihasilkan, dapat diketahui kekuatan beton dengan menggunakan skala tertentu.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa Rabat Jalan Desa Tempursari memiliki kekuatan mutu beton yang cukup baik. Didapatkan kesimpulan bahwa kuat tekan rencana dan pelaksanaan mendapat hasil yang sesuai. Ini menandakan pentingnya informasi mengenai perencanaan dan pengujian beton agar warga dapat membuat bangunan yang sesuai dengan SNI, serta memaksimalkan kualitas bangunan sesuai dengan anggaran.  

Diharapkan dengan adanya pengujian kekuatan mutu beton dengan metode Hammer Test ini, dapat membantu Pemerintah Desa Tempursari untuk memperkirakan kualitas beton dan mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga keamanan jalan di Desa Tempurasri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline