Lihat ke Halaman Asli

KKN RDR 79

UIN Walisongo Semarang

Pemberdayaan Masyarakat: Kelurahan Bangetayu Wetan bersama KKN Reguler 79 Posko 13 UIN Walisongo Mengadakan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan

Diperbarui: 2 November 2022   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Materi pelatihan oleh narasumber/Dok Tim KKN RDR 79

Dalam upaya membangun kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, tentunya pemberdayaan masyarakat di kelurahan Bangetayu Wetan sangat diperlukan. Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan tangan yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Bangetayu Wetan pada hari Kamis, 13 Oktober 2022. 

Dalam sambutannya, lurah Bangetayu Wetan, Taufiq Rizkyana mengatakan pelatihan kerajinan tangan ini dalam upaya memberdayakan masyarakat, agar masyarakat lebih kreatif dan inovatif. 

"Semoga dari pelatihan ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan pula" Imbuhnya

Pelatihan pembuatan kerajinan tangan ini dipandu oleh ibu Ana Kurniawati yang ditemani dua rekannya. Pada pelatihan ini ibu Ana lebih menekankan pada praktik secara langsung daripada menjelaskan secara teoretis. 

"Kita langsung praktik saja ya ibu-ibu. Di sini saya akan membagikan satu paket alat kerajinan tangan yang berisikan kain pola sepatu bayi beserta alat jahit, dan tali kur yang dapat dijadikan gelang. Kita bagi praktik ini menjadi dua kelompok besar, kelompok pertama akan menjahit sepatu bayi, dan kelompok kedua akan membuat gelang." Ucap bu Ana mengintruksikan peserta yang mayoritas adalah seorang ibu-ibu.

Sesuai intruksi beliau, peserta dibagi menjadi dua kelompok besar yakni kelompok pertama menjahit sepatu bayi, dan kelompok kedua membuat gelang dengan menggunakan tali kur. Masing-masing kelompok dipandu oleh satu rekan bu Ana, sedangkan bu Ana secara bergantian memandu kedua kelompok tersebut. 

Di tengah acara, bapak Camat Genuk hadir menyapa peserta pelatihan kerajinan tangan, dan memberika salam sapa yang hangat. 

Akhir acara pelatihan, para peserta dengan hasil karyanya berfoto bersama ibu Ana selaku narasumber pelatihan kerajinan tangan.

Reporter : Ila N./tim KKN UIN WS 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline