Lihat ke Halaman Asli

KKN POSKO 58

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ABCD UIN Khas Jember Posko 58 Desa Wringinanom, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo

Sosialisasi "Stop Bullying Dari Sekarang" Oleh Mahasiswa KKN UIN KHAS Jember

Diperbarui: 4 Agustus 2024   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Stop Bullying di SDN 1 Wringinanom

Kamis, 01 Agustus 2024. Dalam beberapa minggu terakhir, mahasiswa KKN Posko 58 UIN Khas Jember telah melaksanakan tugas mereka dengan bergabung dan mengajar di SDN 1 Wringinanom. Ada beberapa kasus yang sering terjadi di SDN 1 Wringinanom yaitu maraknya kasus bullying antar siswa. Dirasa perlu untuk melakukan edukasi terhadap siswa dalam menghindari bulyying, mahasiswa KKN Posko 58 UIN KHAS Jember mengadakan sosialisasi dengan tema "Stop Bullying Dari Sekarang", yang bertujuan untuk mendidik siswa agar menghindari perilaku tersebut.

Acara sosialisasi ini disampaikan oleh Silviana salah satu anggota KKN Posko 58 yang akrab disapa Silvi sebagai narasumbernya. Dalam penjelasannya, Silvi menjelaskan berbagai dampak negatif dari bullying, baik bagi korban maupun pelaku. Ia menekankan pentingnya empati dan sikap saling menghargai di antara siswa. Silvi juga mengingatkan bahwa bullying tidak hanya berdampak pada kesehatan mental dan emosional, tetapi juga bisa menyebabkan dampak fisik dan sosial yang serius.

Beberapa siswa mengungkapkan pengalamannya terkait bullying, mereka mengaku pernah terlibat dalam perkelahian, saling mengejek, dan menggoda teman-temannya. Pengakuan ini menjadi momen penting dalam sosialisasi, karena menunjukkan bahwa masalah ini benar benar sudah marak di kalangan siswa, khususnya di SDN 1 Wringinanom. Bapak dan Ibu guru di SDN 1 Wringinanom sangat mendukung sosialisasi ini. Mereka percaya bahwa dengan edukasi yang tepat, siswa bisa lebih memahami dan menghindari perilaku bullying. 

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan siswa di SDN 1 Wringinanom dapat lebih memahami bahaya bullying dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan suportif bagi semua teman-temannya. Mahasiswa KKN dan pihak sekolah berharap bahwa tindakan preventif ini akan mengurangi kasus bullying, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Besar harapan kami agar kedepannya, siswa-siswa di SDN 1 Wringinanom terhindar dari kasus bullying dan dapat belajar dalam suasana yang lebih harmonis dan saling menghargai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline