Lihat ke Halaman Asli

KKN Posko 91

UIN Walisongo Semarang

KKN UIN Walisongo Posko 91 Kembali Berpartisipasi pada Posyandu Lili di Desa Wonotunggal

Diperbarui: 14 Juli 2024   21:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Posyandu Lili/dokpri

Wonotunggal, 9 Juli 2024 - Melanjutkan kegiatan posyandu di seluruh Desa Wonotunggal. Pelaksanaan kegiatan kali ini berada di Posyandu Lili yang terletak di dusun Siwunut, desa Wonotunggal. Total balita yang diperiksa dalam posyandu ini adalah 24 balita. Pelayanan yang diberikan terbatas pada pemeriksaan fisik, dan pemberian makanan tambahan tanpa dilakukan imunisasi. Hal ini dilakukan karena jumlah balita di dusun ini tergolong sedikit. Pelaksanaan imunisasi untuk balita nantinya dilaksanakan di dukuh lain di lain hari.

Berbeda dengan pelaksanaan posyandu di dusun-dusun sebelumnya. Posyandu Lili tidak hanya memeriksa balita namun juga lansia. Antusiasme warga Dusun Siwunut mengenai kegiatan posyandu ini tergolong tinggi. Hal ini dapat dilihat dari total lansia yang datang pada Posyandu mencapai 20 dari 15 lansia yang terdaftar di dusun tersebut.

Kegiatan posyandu bagi lansia ini dilaksanakam tepat pada pukul 09.00 WIB. Prosedur pelaksaan posyandu dimulai dengan penyuluhan pada lansia, senam lansia, pemeriksaan berat badan dan tensi dan diakhiri konsultasi kesehatan pada bidan yang bertugas.

Pada kesempatan kali ini, bidan desa memberikan penyuluha mengenai gejala dan pencegahan DBD menggunakan teknik 3M serta prosedur keselamatan pada bencana gempa. Pemilihan materi pada penyuluhan ini bukanlah tanpa alasan. Hal ini didasarkan pada masalah yang terjadi di Wonotunggal akhir-akhir ini. Harapannya, apabila kasus serupa terjadi para warga khususnya lansia tau bagaimana cara menyikapinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline