Lihat ke Halaman Asli

Antusias Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 42 Dalam Pengajian Rutin IRMABA Desa Pucangrejo

Diperbarui: 14 Juli 2024   23:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumtasi Kominfo


Minggu, 14 Juli 2024-Di zaman sekarang ini masyarakat sering kali memandang remeh para Remaja muslim. Kepedulian yang kurang dan hanya bersenang-senang saja adalah anggapan yang kerap kali dilontarkan oleh para masyarakat. Berbeda dengan Ikatan Remaja Masjid Baitul Mu’minin (IRMABA) yang membantah anggapan tersebut dengan realita dan kiprah yang mereka tunjukkan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Salah satunya adalah kegiatan pengajian rutin Ahad sore yang enggan mereka tinggal dan lupakan.


Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Baitul Mu’minin Pucangrejo setiap hari Ahad pukul 15.30 WIB dengan materi kajian yang berbeda-beda disetiap pertemuannya. Bukan hanya itu saja, mereka juga bekerjasama dengan para masyayikh setempat untuk memberikan materi kajian yang sekiranya memang sudah lebih ahli, matang, dan jelas sanad keilmuannya. Kegiatan ini diikuti oleh para Remaja Masjid Baitul Mu’minin itu sendiri maupun dari kalangan anak-anak di Desa Pucangrejo, dan tidak lupa Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 42 yang juga sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut.


Kegiatan ini dilaksanakan tidak lain adalah untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah terutama di kalangan Remaja. Ustadz Khadzik dalam kajian Kitab Safinatunnajah sore ini menyampaikan “Pondasi dalam Islam itu seperti rumah, jadi ada rukun islam, rukun iman, dan masih banyak kajian yang sekiranya bisa dianggap sebagai faktor utama menegakkan Agama Islam itu sendiri. Karena menurut Hadits riwayat Imam Bajuri disampaikan bahwa makhluk itu mutlaq, makhluq itu harus mengikuti akan syariat-syariat Islam berupa syahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji”.


Antusias Ikatan Remaja Masjid Baitul Mu’minin (IRMABA) yang terus menerus dalam memajukan generasi muda Muslim terutama di Desa Pucangrejo patut diapresiasi. Organisasi seperti ini diperlukan untuk menghasilkan generasi muda yang tidak hanya pintar secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter dan pemahaman agama yang kuat. Semoga Ikatan Remaja Masjid Baitul Mu’minin (IRMABA) dapat terus menginspirasi remaja-remaja lainnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan bermanfaat serupa demi masa depan yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline