Lihat ke Halaman Asli

Kkn Posko 1 Angkatan 82

UIN Walisongo Semarang

Nguri Uri Tradisi: Selametan Malam Jum'at Kliwon di Desa Cening

Diperbarui: 12 Juni 2024   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Kegiatan Selametan di Rumah Bpk Budi Raharjo

Kegiatan selametan setiap malem jum'at kliwon sudah menjadi tradisi di Desa Cening khusunya perangkat Desa. Yang kali ini di Rumah Kepala Desa Cening yaitu Bapak Budi Raharjo. Dan diisi dengan doa bersama memohon keelamatan dan keberkahan untuk segenap Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam menjalankan tugas sehari hari dan seluruh masyarakat Desa Cening agar tentram, Damai dan selalu diberikan kebaikan.

Tradisi ini sudah dimulai sejak dahulu dan dilestarikan sampai hari ini, dan harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini sebagai salah satu bentuk rasa syukur terhadap allah yang maha esa.

"Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan bagi kami warga desa cening, khususnya di pak lurah (kepala desa). Tujuanya untuk bersyukur kepada allah dan juga berdoa untuk kebaikan semua warga desa cening." Ungkap Pak Budi Raharjo Kepala Desa Cening.

Dok. Kegiatan Selametan di Rumah Bpk Budi Raharjo

Kkn posko 1 uin walisongo semarang khusunya yang cowok ikut dalam acara selametan ini, karena biar tau mengenai kebiasaan tradisi yang ada di desa.

"Di Desa Cening seperti ini sudah menjadi kebiasaan atau tradisi, mungkin desa lain juga ada yang melakukan seperti ini dan juga tidak." Ungkap Pak Paimen salah satu warga Cening.

Penulis: M. Nazid Aryaqil Yusro




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline