Lihat ke Halaman Asli

Kkn Posko 1 Angkatan 82

UIN Walisongo Semarang

Semangat Kebersamaan: Tim KKN Reguler 82 Gelar Kerja Bakti bersama Warga Desa Cening

Diperbarui: 9 Juni 2024   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Kerja Bakti di Dusun Joho/dok. pri

Kuliah kerja Nyata (KKN) merupakan bagian salah satu aktivitas pendidikan di kuliah sekaligus pengabdian kepada masyarakat yang mana bertujuan untuk membantu masyarakat di salah satu daerah. Kuliah kerja nyata sendiri dapat mempersatukan mahasiswa dari berbagai jurusan dengan ilmu dan keahlian yang berbeda beda. Yang mana KKN ini akan dilaksanakan selama 45 hari. KKN Reguler Angkatan 82 ini dimulai pada tanggal 23 April 2023.

Pada minggu pertama, Tim KKN sudah melaksanakan program kerja dari semua divisi. Begitupun divisi saya yaitu divisi kesehatan dan lingkungan yang sudah melakukan program kerja pertamanya yaitu kerja bakti. Tim KKN membersihkan lingkungan SMP Negeri 4 Singorojo pada Selasa, (07/05/2024) dan mengecat kembali ruangan yang sudah lama tidak terpakai. Program kerja bakti adalah salah satu elemen penting dalam pelaksanaan KKN. Program ini merupakan upaya nyata mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitar, dengan tujuan utama mengabdi kepada masyarakat setempat. Kegiatan kerja bakti lain di minggu-minggu selanjutnya yaitu pada wilayah Desa Cening tepatnya di Dusun Joho, terdapat jalan yang longsor. Lalu, tim KKN melakukan kerja bakti dengan cara jalanan diberi tumpukan krikil agar bisa dilewati oleh masyarakat. Kerja bakti selanjutnya, tim KKN membersihkan masjid di dusunsekitar wilayah desa cening. Kerja  bakti masjid dilakukan setiap hari jumat. Sedangkan, kerja bakti masyarakat biasanya dilakukan setiap hari minggu.

Sebanyak 16 anggota mahasiswa KKN Reguer ke-82 UIN Walisongo Posko 1 di Desa Cening, Kabupaten Kendal telah sukses menyelenggarakan kegiatan yang memberikan dampak positif melalui kegiatan kerja bakti desa. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 sampai selesai, diawali dengan membersihkan bagian dalam masjid yang dilakukan oleh Tim KKN UIN Walisongo Posko 1 mulai dari menyapu, mengepel hingga melipat karpet masjid, mukena, sarung, dan sajadah. Kegiatan ini adalah wujud konkret dari semangat pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dan usaha untuk memperbaiki kualitas hidup di desa.

Melalui program kerja bakti desa, mahasiswa mempelajari kehidupan masyarakat pedesaan, memperoleh keterampilan komunikasi dan kepemimpinan, dan meningkatkan kesadaran sosial dan tanggung jawab mereka sebagai anggota masyarakat. Program ini juga memberikan manfaat kepada masyarakat desa. Selain tujuan yang telah disebutkan sebelumnya, kegiatan kerja bakti bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Manfaat kegiatan ini bagi mahasiswa KKN meliputi memupuk sikap kebersamaan dan menghindari sikap individualis, mempererat tali persaudaraan, membina kerukunan, meningkatkan kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan sekitar, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

Penulis: Salsabila Nafis Nathania




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline