Lihat ke Halaman Asli

Kkn Posko 1 Angkatan 82

UIN Walisongo Semarang

Mujahadah bersama Warga Cening dan Mahasiswa KKN Reguler 82 UIN Walisongo Semarang

Diperbarui: 9 Juni 2024   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Mujahadah di Dusun Bendo, Cening/dok. pri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler angkatan 82 dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melaksanakan kegiatan mujahadah atau tahlilan rutin setiap selapan sekali, yang bertempat di Masjid Dusun Bendo, Cening, Singorojo. Acara dimulai pukul 19.00 WIB pada Sabtu, (18/05/2024) tersebut dihadiri oleh  sejumlah masyarakat Cening, terutama warga Dusun Bendo. Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya partisipan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Warga Dusun Bendo memberikan dukungan penuh terhadap acara yang digelar, mereka mengakui bahwa kegiatan semacam ini dirasa dapat memperkuat rasa kebersamaan di lingkungan mereka.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menolak balak dan ungkapan rasa syukur kepada Allah selama satu bulan belakangan karena telah dilimpahkan banyak rahmatnya menurut kepercayaan islam, mujahadah ini dilaksakan sebulan sekali yaitu pada hari sabtu kliwon. Tahlilan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan rohaniah dan kesejahteraan masyarakat setempa serta mempererat silaturrahmi antar keluarga dan masyarakat.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci al-qur'an, kemudian sambutan dari bapak tuyono selaku Kepala Dusun (Kadus) Bendo kemudian diikuti dengan tahlil dan doa yang dipimpin oleh ustadz daerah setempat. Suasana penuh khidmat terasa di malam hari yang tenang, menciptakan momen yang istimewa dan berkesan bagi semua yang hadir. 

"Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami berharap dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar dan juga mampererat tali silaturrahmi antara mahasiswa KKN Reguler 82 UIN Walisongo Semarang dengan masyarakat," ujar  koordinator kegiatan.

Dokumentasi Kegiatan Mujahadah Tim KKN Reguler 82 UIN Walisongo Semarang/dok. pri

Tidak hanya sebagai ajang keagamaan, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk memperkuat hubungan sosial antar-mahasiswa setempat. Acara tahlilan rutin yang telah diselenggarakan di Masjid Bendo ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa depan dan menjadi bagian penting dalam pembinaan kehidupan beragama dan sosial masyarakat di sekitar wilayah. Dengan keberhasilan acara tahlilan rutin ini, mahasiswa KKN Reguler 82 UIN Walisongo Semarang terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar selama masa Kuliah Kerja Nyata mereka.

Penulis: Fifi Ania Zahroh




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline