Lihat ke Halaman Asli

kknpos 55

kominfo kkn mit-16 posko 55 rowobranten

Mahasiswa KKN MIT-16 UIN Walisongo Semarang Posko 55 Sosialisasi Cuci Tangan di SDN 1 Rowobranten

Diperbarui: 11 Agustus 2023   17:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama siswa-siswi SD Rowobranten - kominfo Posko 55 (1)

Kendal - Senin, 07/08 KKN MIT-16 Posko 55 UIN Walisongo Semarang mengadakan program sosialisasi kebersihan cuci tangan untuk meningkatkan kesadaran dan praktik kebersihan di kalangan siswa di SDN 1 Rowobranten. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan para siswa betapa pentingnya mencuci tangan secara teratur guna mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa diajarkan langkah-langkah yang benar dalam mencuci tangan, seperti mencuci tangan dengan air yang bersih, memakai sabun secukupnya, gosok punggung tangan, gosok jari-jari dengan posisi tangan saling mengunci, gosok ibu jari, dan bilas tangan dengan air bersih serta dilap dengan kain bersih atau tisu. Selain itu juga, mereka juga diberikan penjelasan tentang betapa rentannya tangan menjadi sarana penularan penyakit jika tidak dijaga kebersihannya.

Mahasiswa KKN Divisi Kesehatan, Afwa Sabrina mengatakan bahwa "kegiatan ini dilakukan agar para siswa dapat memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan sekitarnya".

Sosialisasi ini dilaksanakan di halaman SDN 1 Rowobranten setelah upacara/apel pagi dan diikuti oleh para siswa serta guru. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh para siswa yang ikut memperagakan cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar.

Usai sosialisasi, tim KKN MIT-16 UIN Walisongo Posko 55 memberikan sejumlah alat kebersihan dan sabun cuci tangan kepada pihak sekolah. Di samping itu, para mahasiswa juga memberikan hadiah untuk siswa yang bisa menjawab pertanyaan seputar kesehatan."

Saya berterima kasih kepada tim KKN yang udah bersedia datang ke SD kami, selain memberikan fasilitas kebersihan anak-anak juga mendapatkan edukasi mencuci tangan dengan baik dan benar serta menjaga kebersihan sekitar". Ujar Rukillah selaku kepala sekolah.

Foto bersama guru SD Rowobranten - Kominfo Posko 55 (2)

Dengan sosialisasi ini diharapkan para siswa SDN 1 Rowobranten dapat menjadi agen perubahan dalam praktik cuci tangan dan mengajak orang-orang di sekitarnya untuk melakukan hal yang sama. Kebersihan tangan adalah langkah sederhana namun sangat efektif untuk tetap sehat dan mencegah penyebaran penyakit. 

(By Bagas Setiawan Devisi Kominfo) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline