Lihat ke Halaman Asli

KKNPKUNG_PentaduTimur

Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo

Mahasiswa KKN-PK Adakan Penyuluhan Pemanfataan Tulang Ikan Tongkol

Diperbarui: 21 Agustus 2023   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pentadu Timur, 4 Agustus 2023---Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK) Universitas Negeri Gorontalo sukses melaksanakan kegiatan penyuluhan pemanfaatan limbah tulang ikan tongkol sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Desa Pentadu Timur. Kegiatan ini juga menjadi salah satu program kerja pengabdian mahasiswa di lokasi KKN.

Koordinator Desa Pentadu Timur, Muadz Hasan menyampaikan, "Desa Pentadu Timur merupakan desa yang berada di pesisir pantai dan memiliki pelelangan serta pelabuhan. Sehingga sebagian besar limbah yang berasal dari industri perikanan hanya dibuang begitu saja tanpa adanya penanganan lebih lanjut. Menindaklanjuti hal tersebut, perlu dilakukan inovasi untuk mengolah limbah tersebut agar bermanfaat dan tidak mencemari lingkungan disekitarnya. Salah satu upaya yang dapat kami lakukan sebagai mahasiswa adalah memberikan edukasi terkait pemanfaatan limbah tulang tersebut ."

Dalam kegiatan yang digelar di aula kantor desa pada hari Jumat (4/8), peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan para ibu-ibu dasawisma serta para kader kesehatan desa. Para peserta diperkenalkan tentang manfaat dari tulang ikan tongkol dan bagaimana cara pembuatan  tepung tersebut. Narasumber dari pihak mahasiswa KKN memberikan penjelasan secara mendalam terkait bahan dan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan tepung ikan tersebut.

Tepung tulang ikan ini mempunyai potensi gizi dan kalsium yang tinggi serta tidak kalah bersaing dengan susu dan suplemen kalsium. Dalam tulang ikan tongkol ini mengandung kalsium sebesar 14.01% yang penting untuk manusia, dengan pembuatan tepung tulang ikan ini dapat membantu proses pengembalian atau penyembuhan gangguan pertumbuhan, serta osteoporosis. 

Muadz Hasan menambahkan, melalui pendekatan preventif, para peserta dapat memahami pentingnya pemanfaatan limbah tulang ikan tongkol serta tujuan utama dari penyuluhan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan limbah tulang ikan serta menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Desa Pentadu Timur.

Selain melakukan penyuluhan terkait pemanfaatan tulang ikan, mahasiswa KKN-PK UNG juga melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan kepada para peserta dan aparat desa.

Muadz menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksanakan atas dukungan dari pemerintah desa, puskesmas, serta para peserta dan tentunya bimbingan dari dosen pendamping lapangan Tri Septian Maksum, S.KM., M.kes dan apt. Dizky Ramadani Putri Papeo, M.S.Farm, MCE




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline