Lihat ke Halaman Asli

KKN PK GLAGAH

KKN PK GLAGAH UM

Festival Ramadan Ceria Tim KKN UM Adakan Lomba Edukasi

Diperbarui: 4 Juli 2019   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lomba_Mewarnai_TK (Dokpri)

Glagah [29-30/05/2019] Universitas Negeri Malang pada tahun 2019 melakukan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata yang diamanahkan LP2 kepada Mahasiswa.Ada sekitar 3.345 Mahasiswa dari berbagai jurusan yang terbagi dalam 170 kelompok desa di Jawa Timur.

Selain itu pada tahun ini juga LP2 memiliki program khusus pada mahasiswa untuk melakukan pengabdian Kuliah Kerja Nyata di kota/kabupaten asal mereka tinggal dengan nama KKN Pulang Kampung.

Kuliah Kerja Nyata berlangsung dari tanggal 20 mei sampai dengan tanggal 08 juli 2019, dengan waktu kurang lebih 45 hari tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kepedulian terhadap desa sekaligus memberikan sumbangsih kreatifitas agar supaya dapat memberikan manfaat untuk desa yang ditempati.

KKN Pulang Kampung mahasiswa asal kota Banyuwangi salah satu kelompok bertempat di desa Glagah kecamatan Glagah.Sekitar 19 Mahasiswa dalam kelompok tersebut akan melakukan pengabdian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.Tanggal 20 mei kelompok KKN pulang kampung kota Banyuwangi disambut baik dengan oleh pihak penanggung jawab daerah melalui upacara penyambutan yang diadakan di kantor kecamatan Glagah kemudian di lanjutkan di masing-masing desa.

Di desa Glagah kelompok KKN kami disambut dengan ramah oleh bapak kepala desa beserta jajaranya, melalui diskusi terbuka yang dipersilahkan oleh pak Kades kami menyampaikan apa maksud dan tujuan KKN di desa itu.

 [Rabu, 29/05] kawan-kawan KKN PK yang berjumlah 19 mahasiswa ikut andil dalam memeriahkan pondok ramadhan TK Lestari yang berada di desa setempat.

Sesuai dengan permintaan pihak TK lestari yang disampaikan oleh Bu Cici sapaan akrab kepala TK Lestari tersebut kami diberikan kesempatan untuk mengisi acara dengan lomba mewarnai.Acara tersebut berjalan dengan lancar, diawali dari sambutan kepala sekolah TK Lestari kemudian sambutan kepala korwil kerja dinas kecamatan glagah oleh bapak Janoto, bapak Janoto dalam sambutannya banyak menyampaikan terimakasih sekaligus berpesan kepada mahasiswa KKN kelompok desa Glagah agar memperluas lagi ruang lingkup kegiatannya tidak hanya di TK Lestari tetapi juga di SDN 1 Glagah.

Lomba mewarnai berlangsung sekitar 2 jam terhitung dari pukul 08.30-10.30, agar suasana tidak jenuh kawan-kawan mahasiswa bekerja sama dengan guru memberikan sesi Ice Breaking yang diisi senam dengan iringan musik budaya daerah.

Sampai berakhirnya acara, sesuai dengan kategori yang diperlombakan ada 3 juara di masing-masing kategori, yaitu kategori kelompok bermain, kategori kelas A, dan kategori kelas B.Acara tersebut terbilang meriah karena diikuti sekitar 60 anak didik.

Setelah acara selesai tidak lupa pula kami dan seluruh yang terkait dalam kegiatan melakukan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan bagi TK Lestari dan KKN PK kelompok desa Glagah.Pengalaman serta pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi kawan-kawan mahasiswa KKN PK kelompok desa Glagah menjadi bahan apabila nantinya setelah lulus dalam perkuliahan bekerja ataupun menagbdi di suatu instansi sekolah terlbih lagi di Taman Kanak-Kanak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline