Lihat ke Halaman Asli

KKN PK GLAGAH

KKN PK GLAGAH UM

Tim KKN PK UM Adakan "Vertikal Garden" sebagai Solusi Berkebun di Lahan Sempit

Diperbarui: 30 Juni 2019   04:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto_bersama_dengan_Vertikal_Garden

Keasrian lingkungan merupakan salah satu indikator nyamannya masyarakat tinggal dalam suatu wilayah. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan keasrian lingkungan adalah dengan menanam tumbuhan di pekarangan rumah. Namun, lahan yang sempit seringkali menjadi halangan masyarakat untuk menanam pohon dilingkungannya. 

Hal tersebut juga terjadi di Dusun Jambean, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Dengan pola perumahan yang berkelompok membuat masyarakat kesulitan untuk menanam tanaman utuk kelestarian lingkungan. Ditengah permasalahan tersebut,  mahasiswa KKN PK UM memberikan sebuah solusi yang dapat digunakan masyarakat yakni "Vertical Garden". 

Untuk menindaklanjuti ide vertical garden itu. Mahasiswa KKN UM mengadakan pelatihan vertical yang dilaksanakan tanggal 17 Juni 2019 di Dusun Jambean. Bekerja sama dengan komunitas pecinta alam Taruna Hijau kegiatan pelatihan vertical garden mendapatkan sambutan hangat dari kepala dusun Jambean, pak Slamet "kegiatan ini sangat bagus, semoga masyarakat dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan. Nantinya lokasi vertical garden diperluas sehingga menjadikan lingkungan lebih asri dan nyaman".

Pemindahan_bibit_ke_media

Dalam kegiatan pelatihan tersebut mahasiswa KKN UM memberikan pengarahan kepada masyarakat mengenai tekhnik pembuatan kerangka vertical garden, pembibitan, hingga perawatan tanaman. Setelah dilakukan pengarahan oleh salah satu mahasiswa yang expert dibidang itu, kegiatan dilanjutkan dengan praktik penanaman. 

Penanaman tumbuhan berasal dari bibit tanaman yang didapatkan dari kerja sama bersama taruna Hijau. Selain membantu dalam pembibitan tanaman, anggota taruna hijau turut membantu mahasiswa KKN dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat. Tidak hanya berhenti pada pelatihan tersebut, mahasiswa KKN PK UM juga melakukan mentoring dan control dengan harapan vertical garden ini dapat berkembang baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. 

Dina Kamila selaku ketua pelaksana mengungkapkan "vertical garden" yang dilakukan ini masih skala kecil, jadi kita berharap kedepannya lebih banyak item-item baru vertical garden baru yang diciptakan masyarakat demi keasrian lingkungan dan daya tarik wisata".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline