Lihat ke Halaman Asli

KKN PK GLAGAH

KKN PK GLAGAH UM

Angka Harapan Hidup Menurun, Lansia Desa Glagah Bergairah Mengikuti Kegiatan Mahasiswa KKN

Diperbarui: 29 Juni 2019   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sesi Materi/dokpri

Desa Glagah, Kabupaten Banyuwangi -- Olahraga terbukti memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kaum lansia. Tidak ada kata terlambat untuk memulai olahraga. Mereka yang sudah berusia sepuh pun tetap bisa melakukan olah tubuh dengan senam lansia.

Senam merupakan jenis olahraga yang membutuhkan kekuatan, keseimbangan, kelenturan, kelincahan, daya tahan, dan koordinasi tubuh. Olahraga ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh semua orang dari segala usia, tidak terkecuali mereka yang telah lanjut usia.

tensi darah/dokpri

Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Pulang Kampung Universitas Neeri Malang Desa Glagah turut serta membantu dalam program Posyandu Lansia "Sejahtera" di Dusun Kampung Baru Desa Glagah Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi pada Rabu, 19 Juni 2019. 

Program Posyandu Lansia ini dilakukan secara rutin setiap bulan secara bergilir di bawah naungan Puskesdes (Puskesmas Desa) di masing-masing dusun di Desa Glagah. Kegiatan yang terdapat  di dalam Posyandu Lansia tersebut mencakup pendataan, pengukuran berat badan, pemeriksaan tensi dasar, pemeriksaan kadar gula, dan dapat pula berkonsultasi pada  bidan yang bertugas. 

Oleh karena terdapat program yang sedemikian rupa, maka mahasiswa KKN-PK menambahkan beberapa kegiatan yaitu senam lansia, penyuluhan diet hipertensi, dan PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

Program Posyandu Lansia ini dihadiri oleh kurang lebih 35 Lansia dengan rentan usia diatas 50 Tahun. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pukul 08.00 hingga pukul 10.30. 

Para lansia yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat antuasias untuk melakukan senam yang  dipimpin oleh mahasiswa KKN dan dengan adanya penyuluhan kesehatan oleh saudari Dimas Ari Wibowo (mahasiswa KKN) tentang diet hipertensi. 

Setelah kegiatan penyuluhan para lansia akan dipanggil satu per-satu untuk melakukan beberapa pemeriksaan, beberapa tim KKN-PK Universitas Negeri Malang Desa Glagah pun turut membantu mengarahkan para lansia dan juga membantu dalam proses pemeriksaan tensi darah.

Kepala Poskesdes, Yani dan Bidan Desa, Ribut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Mahasiswa KKN-PK Universitas Negeri Malang karena telah membantu dalam kegiatan di Posyandu Lansia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline