Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN-P 10 Umsida Adakan Kegiatan Pendampingan Belajar Mengaji dan Lomba di TPQ Nurul Hidayah

Diperbarui: 10 Februari 2023   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan belajar mengaji oleh mahasiswa KKN-P 10 Umsida 2023

Kelompok KKN-P 10 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan program kerja pendampingan kegiatan mengaji bersama di TPQ Nurul Hidayah yang berada di Dusun Tonggowa, Desa Jatiarjo. Kegiatan mengaji bersama dilaksanakan mulai pukul 15.30 sampai pukul 16.30. Metode mengaji yang digunakan di TPQ tersebut ialah metode Iqro'. Santriwan-santriwati TPQ Nurul Hidayah dibedakan menjadi beberapa kelas sesuai tingkatan kemampuannya dalam menguasai ilmu Al-Qur'an. Kegiatan pendampingan mengaji bersama dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kemampuan anak-anak yang bertempat tinggal di sekitar lingkungan TPQ. Kegiatan yang dilakukan diantaranya membaca dan mempelajari ilmu-ilmu yang terdapat di dalam Al-Qur'an, seperti belajar ilmu tajwid, ilmu aqidah, dan ilmu fiqih. Dengan adanya program kerja pendampingan kegiatan mengaji di TPQ diharapkan dapat membantu meringankan beban para ustadzah dalam menyampaikan ilmu agama Islam bagi para santriwan-santriwati. Atas dasar kerja sama yang dilakukan antara kelompok KKN-P 10 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan para ustadzah TPQ Nurul Hidayah berjalan dengan cukup lancar.

Sesi foto bersama santriwan santriwati TPQ Nurul Hidayah

Program kerja pendampingan kegiatan mengaji bersama di TPQ Nurul Hidayah dilakukan selama tiga pertemuan dalam seminggu yaitu pada hari rabu hingga hari jum'at. Kegiatan pendampingan mengaji ini dilaksanakan dalam waktu tiga minggu. Kegiatan pendampingan diawali dengan pembukaan bersama ustadzah. Kelompok KKN-P 10 Universitas Muhammadiah Sidoarjo disambut dengan baik oleh Kepala TPQ serta ustadzah yang mengajar di TPQ Nurul Hidayah. Pendampingan kegiatan mengaji diakhiri dengan perlombaan hafalan surat- surat pendek dan lomba adzan. Santriwati yang berhasil menghafalkan tiga surat yang telah di tentukan oleh juri akan mendapatkan hadiah, diantaranya hijab untuk juara satu hafalan surat surat pendek, sarung untuk juara satu lomba adzan, lalu meja Al Qur'an untuk juara dua lomba hafalan surat dan lomba adzan, dan juga sajadah yang akan diberikan oleh peraih juara ke tiga dari kedua lomba.

Penulis : Tim KKN-P 10 Umsida 2023

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline