Lihat ke Halaman Asli

Menabur Senyuman Anak-anak Desa Belik Melalui Lomba Mewarnai Bersama Mahasiswa KKN-P Umsida

Diperbarui: 12 Februari 2023   09:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dalam rangka mendukung kreativitas anak-anak di desa Belik, Mahasiswa KKN-P Umsida mengadakan lomba dalam tingkatan Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) yang bertempat di Balai Dusun Jibru Desa Belik, Kecamatan Trawas, Kabupaten Sidoarjo (5/2/23).

Lomba ini ditujukan untuk mengembangkan dan mendukung kreativitas siswa dan siswi di Dusun Jibru, Desa Belik agar lebih optimal lagi. Warga Desa Belik sangat mendukung penuh kegiatan lomba mewarnai, bukan hanya warganya saja bahkan para orang tua berlomba-lomba untuk mendaftarkan anak-anaknya juga. Lomba mewarnai ini diadakan pada hari Minggu pagi yang dimulai pukul 09.00 WIB, yang dipandu dengan semua mahasiswa KKN-P UMSIDA Kelompok 27.

Lomba Mewarnai ini dilakukan tak hanya meningkatkan motorik kasar anak, mewarnai juga mengasah soft skill anak berupa kesabaran, dan ketelatenan. Dalam lomba ini juri menilai beberapa kriteria yaitu kerapian, komposisi pewarnaan dan kreativitas anak dalam mewarnai.

Lomba ini ada dua kategori, yang pertama kategori 1, kategori ini diikuti oleh siswa siswi TK hingga Kelas 2 SD, dan Kategori 2 diikuti oleh siswa siswi Kelas 3-5 SD. Kegiatan mewarnai berjalan sangat tenang dan tentram, meskipun ada sedikit hambatan pada arus listrik yang tiba-tiba mati. Ketika ada kejadian ini salah satu warga membantu para mahasiswa KKN-P dan kegiatan berjalan kembali hingga dipenghujung acara.

Dipenghujung acara para juri memutuskan untuk memberikan penilaian untuk kategori 1 dengan melakukan permain dengan membagikan beberapa bingkisan berisi snack-snack yang menjadi favorit para anak-anak, dan mengumumkan juara 1-3. Setelah diumumkan mereka dipersilahkan untuk pulang terlebih dahulu, dan dilanjutkan kembali dengan keputusan untuk kategori 2.  

(Sri Ayuni, Norma S.W.S dan M. Denny S.A.A)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline