Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Umsida Melakukan Kunjungan ke Usaha Opak Japit di Desa Belik

Diperbarui: 25 Januari 2023   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Umsida terus berkiprah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Kiprah nyata Kelompok 27 di Dusun Jibru tepatnya di rumah "Ibu Puspita"(22/01/2023). Ini dibuktikan dengan ikut sertanya mahasiswa dalam pembuatan produk Opak Japit.

Ikut sertanya mahasiswa dalam pembuatan opak japit tersebut merupakan salah satu program kerja dari KKN-P Umsida. Selain bertujuan untuk mengetahui proses produksi opak japit,mahasiswa juga dapat mengetahui bagaimana cara mengemas produk Opak Japit dengan benar.

"Ujar Puspita pembuatan opak japit ini merupakan usaha yang sudah lama didirikan sejak 15 tahun yang lalu. Selama dalam menjalankan bisnis ini, kami memiliki keterbatasan dalam masalah pemasaran sehingga bisnis yang kami jalankan kurang mampu berkembang di segi pemasaran".

 "Dwi menambahkan berapa banyak hasil produksi yang dibuat dalam perhari pada pembuatan opak japit ini", Kemudian dijawab oleh Ibu Puspita "Satu hari membuat 2kg adonan". Yang dimasak pagi hari setelah mengantarkan anaknya sekolah.

Berjalan 15 tahun Ibu Puspita menjalankan bisnisnya sendiri dengan bantuan suaminya, beliau tidak merekrut karyawan meskipun pesanannya melonjak seperti di Hari Raya Idul Fitri, karena hasil dari karyawan tidak cukup memuaskan dibanding dengan hasil dari produksi yang dibuat oleh dirinya sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline