Lihat ke Halaman Asli

KKN PCR Gubeng

KKN PCR GUBENG 26 UMSBY

Mahasiswa KKN PCR Kelompok 26 UM Surabaya Adakan Penyuluhan Kesehatan dan Medical Checkup Gratis di Masjid Jendral Sudirman

Diperbarui: 7 Agustus 2024   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN PCR Kelompok 26 UM Surabaya (Dokpri)

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan program mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarahat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral dalam jangka waktu tertentu. Program ini dilakukan oleh mahasiswa semester akhir seperti semester 6. Adapun manfaat KKN bagi mahasiswa yaitu meningkatkan kepedulian sosial, mengimplementasikan ilmu yang telah di dapatkan selama menempuh perkuliahan, melatih softskills.

Mahasiswa KKN kelompok 26 khususnya program KKN – PCR dari UM Surabaya pada tahun 2024 ini menyelenggarakan KKN di lokasi Cabang Ranting Gubeng. Dimana sasaran utama dalam program ini yaitu Pengembangan Cabang Ranting Muhammadiyah.

Pada program perdana yang telah dijalankan pada hari Minggu 04 Agustus 2024 berlokasi di masjid Jendral Sudirman yang berlangsung dari pukul 06.00 – 08.30 WIB, Mahasiswa KKN – PCR UM Surabaya Kelompok 26 menjalankan salah satu program unggulan, yaitu melakukan penyuluhan kesehatan bertemakan hypertensi yang dimana acara tersebut dilaksanakan disela – sela kajian “Matahari Terbit“, yang merupakan agenda rutinitas bulanan yang diadakan oleh PCM Gubeng. Dimana setelah acara penyuluhan tersebut, para jama’ah / masyarakat dapat langsung melakukan pemeriksaan Mini Medical Check Up di aula lantai 1 Masjid, yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN – PCR Kelompok 26 UM Surabaya.
Penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh mahasiswa KKN UM Surabaya juga memberikan informasi penting tentang pola hidup sehat, pencegahan penyakit, serta pentingnya deteksi dini masalah kesehatan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, serta memberikan kontribusi positif dalam upaya pencegahan dan penanganan penyakit di lingkungan sekitar.

Dokumentasi saat medical check up (Dokpri)

Tentunya program ini sangat disambut meriah oleh jama’ah / warga sekitar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya antusiasme masyarakat yang melakukan Mini Medical Check Up yang diantaranya meliputi Tensi darah, Tekanan oxygen, pemeriksaan gula darah, dan kolesterol.

Terselenggaranya program ini tentunya tidak lepas dari beberapa dukungan organisasi & instansi yang terlibat. Khususnya untuk Program penyuluhan Kesehatan dan Mini Medical Check Up ini turut mendapat dukungan sponsor dari RS Muhammadiyah Surabaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline