Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan dan Pemasangan Papan Informasi Bangunan Bersejarah di Kawasan Kelurahan Pakelan oleh Mahasiswa KKN UM 2022

Diperbarui: 30 Juli 2022   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kelurahan Pakelan merupakan salah satu kelurahan di Kota Kediri yang sedang berupaya mengembangkan wisata kampung heritage. Kelurahan Pakelan memiliki banyak bukti  peninggalan sejarah berupa bangunan, beberapa  diantaranya sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Berdasarkan obervasi dilapangan, sebagian besar di tempat bangunan bersejarah yang ada di kawasan Kampung Wisata Heritage Kelurahan Pakelan belum memiliki sarana yang dapat memberikan informasi terkait dengan sejarah dari bangunan tersebut, hanya ada satu bangunan bersejarah yang memiliki sarana informasi yaitu berupa papan informasi dan kondisinya sudah mulai rusak. 

Informasi sangat penting dan sangat dibutuhkan semua kalangan, khusunya informasi sejarah yang sangat dibutuhkan dalam peradaban manusia hingga saat ini.

Hal tersebut yang melatarbelakangi Mahasiswa UM yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler model blok tahun 2021-2022 untuk membuat program kerja pembuatan dan pemasangan papan informasi sejarah di bangunan bersejarah di Kelurahan Pakelan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi sejarah kepada masyarakat yang akan mengunjungi tempat atau bangunan yang mempunyai nilai sejarah. 

Dengan adanya papan informasi sejarah diharapkan akan menambah nilai pariwisata bangunan bersejarah di Kelurahan Pakelan dan  dapat memberikan wawasan bagi para wisatawan.

Dalam proses pembuatan papan informasi, Tim KKN UM  melibatkan beberapa orang dari keseluruhan anggota dan juga mendapat dukungan penuh dari Kepala Kelurahan Pakelan serta pihak pengelola bangunan bersejarah. 

Papan informasi yang dibuat, dipasangkan di beberapa titik bangunan bersejarah yang telah mendapat persetujuan oleh pihak terkait. Ada 2 (dua) titik yang akan dipasangkan papan informasi, yaitu bangunan Rumah Duka Gie Kie Kong Soe dan Klenteng Tjoe Hwie Kiong.

Dokpri

Tim KKN UM berharap dengan selesainya program kerja pembuatan dan pemasangan papan informasi ini akan membawa dampak positif serta menambah wawasan bagi masyarakat luas yang ini mengunjungi bangunan sejarah di Kampung Wisata Heritage Pakelan Kota Kediri .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline