Lihat ke Halaman Asli

KKN Brobot033

KKN T PPC Brobot

KKNT PPC UMP 025 Desa Padamara dengan SATLANTAS Purbalingga: Edukasi Berlalu Lintas dan Penerapan Protokol Kesehatan

Diperbarui: 20 Februari 2021   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Padamara, Kab. Purbalingga (16/2) - Mahasiswa KKNT PPC UMP 025 Desa Padamara dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Juanita, M.T yang diketuai oleh saudara Bayu Aji Prayogo, dengan beranggotakan 9 orang mahasiswa dari 4 Fakultas yaitu Teknik, Pendidikan Agama Islam, Psikologi dan Keperawatan.  

Kegiatan ini bekerjasama langsung dengan satuan lalu lintas (Satlantas) Purbalingga yaitu dengan melakukan edukasi berlalu lintas dan penerapan 3M di masa pandemic, dengan sasaran anak-anak di Dusun 3 Desa Padamara, dengan dihadiri oleh tokoh masyarakat antara lain : Ketua Dusun 3, Ketua Rt 03, Tokoh Agama, Pemerhati anak dan lain-lain. Selasa (16/02/2021).

Bapak Sukismo selaku perwakilan tokoh masyarakat  (Ketua RT 3) mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan menghibur anak-anak, sehingga mereka mendapatkan pengetahuan terkait aturan berlalu lintas, selain itu kegiatan ini dapat mengobati rasa jenuh pada anak yang sudah lama tidak melakukan aktivitas belajar disekolah.

"Kegiatan ini bagi kami merupakan kegiatan yang bagus, mendidik dan menghibur karena anak-anak terlihat bergembira dan mendapatkan pengetahuan baru tentang rambu-rambu lalu lintas yang awalnya mereka tidak tahu menjadi tahu simbol-simbol lalu lintas, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengobati rasa jenuh karena belajar dan melakukan kegiatan hanya lewat HP saja." (17-02-2021)

Pemerhati anak Desa Padamara Bapak Ari. menyambut baik kegiatan mahasiswa yang bekerjasama dengan Satlantas Purbalingga tersebut, karena kegiatan seperti ini dapat menarik minat anak-anak untuk melakukan aktivitas diluar rumah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin karena pada saat pandemic seperti ini anak-anak lebih betah bermain Hp dirumah, dan mereka sudah merasa jenuh belajar dari rumah. Sehingga dengan acara seperti ini anak-anak dapat berkegiatan diluar rumah" Ungkapnya di Purbalingga

Kegiatan ini terbagi kedalam dua sesi yaitu : Edukasi aturan berlalu lintas yang dibawakan oleh Pak Teguh sebagai salah satu anggota Satlantas Purbalingga yang disajikan dengan sangat menarik yaitu menggunakan media wayang, sehingga anak-anak terlihat sangat bersemangat dan antusias. Sedangkan edukasi terkait penanaman kembali 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dibawakan oleh perwakilan mahasiswa KKNT PPC UMP 025 Desa Padamara dengan menggunakan metode bernyanyi dan bermain.

Dok. pribadi

Bapak Teguh selaku anggota Satlantas Purbalingga yang menginisiasi kegiatan ini menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan edukasi pada anak terkait aturan berlalu lintas, dan membangun kondisi psikologis anak yang sudah lama tidak melakukan kegiatan belajar selama pandemic.  

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak terkait tata cara berlalu lintas yang baik dan sebagai sarana hiburan untuk meningkatkan kondisi psikologis anak agar sistem imun dalam tubuh mereka tetap baik di masa pandemic."

Sementara itu, ketua kelompok KKNT PPC UMP 025 Desa Padamara Bayu Aji Prayogo menjelaskan kegiatan tersebut sangat bermanfaat karena anak-anak dapat menegtahui bahwa polisi bukanlah sosok yang menakutkan, selain itu kegiatan ini menambah pengetahuan anak-anak terkait rambu-rambu berlalu lintas, sehingga hal tersebut dapat membantu anak-anak untuk belajar patuh berlalu lintas di usia dini dan mereka dapat menerapkan ilmu yang didapatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan ini memberikan gambaran tentang polisi yang ramah anak dan dekat dengan masyarakat, sekaligus membantu anak-anak untuk belajar patuh berlalu lintas, dan menambah pengetahuan mereka terkait rambu-rambu lalu lintas. Sehingga anak-anak akan mendapatkan ilmu tentang aturan berlalu lintas di usia dini, dan diharapkan dengan adanya edukasi tersebut anak-anak dapat menerapkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari." Terangnya.

(Euis Rahayu)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline