Lihat ke Halaman Asli

KKNP 41 Kesimantengah

Sekumpulan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Tim KKN-P 41 UMSIDA Mengadakan Seminar "Pencegahan Stunting terhadap Anak dan Balita di Desa Kesimantengah"

Diperbarui: 14 Februari 2024   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Tim KKN -- P 41 Umsida sedang berfoto dengan pemateri/dok. pri

Desa KesimanTengah (14/02), Salah satu agenda rutin yang dilakukan oleh Kader Kesimantengah adalah kegiatan posyandu. Posyandu adalah suatu kegiatan yang diadakan 1 bulan sekali setiap minggu ke-2 untuk para balita dan anak-anak yang berumur 1 bulan-5 tahun. Pada kesempatan tersebut tim KKN-P 41 UMSIDA mengadakan seminar "Edukasi Pencegahan Stunting Terhadap Anak dan Balita" pada hari Selasa, 13 Februari 2024.

Seminar ini merupakan salah satu program kerja unggulan tim KKN -- P 41 UMSIDA. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi pencegahan stunting terhadap anak dan balita di Desa Kesimantengah. Selain itu, seminar edukasi ini dihadiri oleh ahli Gizi dan juga beberapa perangkat desa seperti ibu kepala desa beserta kader posyandu. Seminar ini membahas tentang pentingnya pemenuhan Gizi terhadap anak dan balita untuk mencegah terjadinya stunting.

Pada seminar ini tidak hanya menjelaskan tentang pencegahan stunting, tetapi juga memberi kesempatan kepada ibu-ibu untuk bertanya terkait pencegahan stunting dan setiap pertanyaan yang diajukan akan mendapatkan hadiah.

Menurut ibu kepala desa, "Seminar ini bermanfaat bagi ibu-ibu yang kurang mengerti arti stunting dan Mpasi yang baik untuk anak dan balita. Selain itu, penyampaian materi seminar ini juga mudah diterima, tidak bertele-tele dan langsung pada intinya".

"Program seminar ini, bagus dan bisa membantu memfasilitasi saya untuk menyampaikan kepada ibu -- ibu balita tentang stunting. Karena sebagian besar ibu-ibu di desa kurang percaya jika yang menyampaikan bukan ahlinya", ujar ibu Arinda Dyah selaku ahli gizi dan pemateri seminar.

Ketua KKN-P 41 UMSIDA berpandapat, "Seminar ini luar biasa dan berjalan dengan lancar. Harapan setelah mengikuti seminar ini ibu-ibu dapat mengerti tentang pentingnya gizi dalam pertumbuhan anak dimasa yang akan datang".

Melalui program seminar ini, KKN-P 41 UMSIDA berharap tingkat stunting pada anak dan balita dapat berkurang dan ibu-ibu KesimanTengah lebih memperhatikan Gizi untuk anak, dan semoga seminar ini membuka jalan bagi generasi mendatang yang sehat dan tangguh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline