Lihat ke Halaman Asli

Untuk Memudahkan Pendatang Baru, Divisi Sapta Pesona Memasang Plang Nama Dusun untuk Setiap Dusun di Desa Seloliman

Diperbarui: 10 Februari 2023   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berkipah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Umsida menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) di berbagai daerah. Kiprah nyata Kelompok 33 di Desa Seloliman ini dibuktikan dengan pemasangan plang di setiap dusun yang ada di Desa Seloliman, Trawas Mojokerto.

Divisi sapta pesona diketuai oleh Moch. Alief Satria, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi  (SAINTEK). Desa Seloliman mempunyai 3 Dusun, yaitu : Dusun Biting, Dusun Balekambang, dan Dusun Sempur. Tim KKN-P kelompok 33 merasa bingung ketika pertama kali sampai di Desa Seloliman, karena ketika survey kita tidak tahu dimana saja letak 3 dusun tersebut. Maka dari itu, divisi sapta pesona membuat program kerja, salah satunya adalah membuat plang nama setiap dusun dan akan dipasang di perbatasan setiap dusun yang ada di Desa Seloliman. Salah satu tujuannya agar memudahkan masyarakat baru untuk mengetahui perbatasan di setiap dusun.

Plang nama dusun ini terbuat dari besi dengan ukuran panjang tiang 3 meter, diberi plakat untuk dituliskan setiap nama dusun, dan di cat berwarna hijau tua karena kesepakatan bersama agar menyesuaikan dengan plang yang sudah ada di sekitar Desa Seloliman. “Untuk pemasangan plang ini, apa perlu bantuan tukang?” tanya Kasun Biting. Lalu dijawab dengan tegas oleh Alief Satria selaku ketua dari divisi sapta pesona “Tidak perlu Pak, karena kita bisa pasang sendiri”.  

Pemasangan plang dilaksanakan pada Jumat 10/02/2023. Dimulai dari pemasangan di Dusun Balekambang, lalu ke Dusun Sempur, dan yang terakhir di Dusun Biting. Ketika sedang memasang plang di Dusun Sempur, Kami bertemu dengan Pak Salamun selaku kaur umum Desa Seloliman “Wah, sudah mulai memasang plang ya. Mantap, lanjutkan!” ujar beliau. Kami bekerja sama memasang dengan semangat dan penuh tanggung jawab. Mulai dari mencari bahan untuk mengecor, proses mengecor, hingga pemasangan plang selesai benar-benar dilakukan sendiri tanpa bantuan dari tukang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline