Lihat ke Halaman Asli

Bentuk Kolaborasi, Divisi Pendidikan dan Sosial Budaya Melakukan PHBS di SDN Seloliman

Diperbarui: 10 Februari 2023   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pembagian pasta gigi untuk praktek menggosok gigi bersama. Dokpri

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berkiprah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Tidak hanya menerjunkan para dosennya, Umsida juga menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) di berbagai daerah. Kiprah nyata Kelompok 33 di Desa Seloliman ini dibuktikan dengan Pelatihan Hidup Bersih dan Sehat yang dilakukan di SDN Seloliman.  

Divisi Pendidikan yang diketuai oleh Ella Widiantari, mahasiswi Pogram Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) dan Divisi Sosial Budaya yang diketuai oleh Yasmin Tyasty, mahasiswi Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) melakukan kolaborasi dengan membuat program kerja PHBS atau Pelatihan Hidup Besih dan Sehat dengan mencantumkan nilai-nilai Islam. 

“Monggo dilaksanakan pelatihannya. Jika butuh bantuan, akan kami sediakan” ujar Pak Nono selaku kepala sekolah SDN Seloliman. Pelatihan ini dilaksanakan pada Jumat 03/02/2023 dan diikuti oleh siswa-siswi kelas 4. Materi diisi oleh Tim KKN-P 33 sendiri, tidak mengundang pemateri dari luar. Divisi Pendidikan dan Sosial Budaya memberikan 20 sikat gigi gratis kepada masing-masing siswa kelas 4 SD. 

Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Dimulai dengan memutarkan video singkat cara menggosok gigi dengan baik dan benar, lalu membagikan sikat gigi, dan diakhiri dengan praktek langsung dari setiap siswa kelas 4. Tidak hanya berlatih menggosok gigi saja, tetapi juga ditambahkan dengan materi kesehatan serta kebersihan yang dikaitkan dengan nilai-nilai Islam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline