Kualitas pendidikan saat ini tengah mengalami tantangan karena dampak dari wabah virus Covid-19. Penularan yang begitu cepat dari virus Covid-19 membuat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk menekan laju peningkatan penularan Covid-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menganjurkan seluruh sekolah untuk memberlakukan pembelajaran daring. Dengan adanya kebijakan ini, maka terjadi perombakan secara masal dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring yang ditetapkan pemerintah, ditujukan kepada seluruh jenjang pendidikan. Pada pembelajaran daring, media yang digunakan pada saat pembelajaran daring biasanya menggunakan Zoom atau Google Meet. Media pembelajaran menjadi perantara yang dapat menentukan diterimanya pesan dengan baik oleh peserta didik.
Pembelajaran daring ini membuat minat pelajar untuk belajar menjadi menurun, hal tersebut juga dialami oleh murid-murid dari SD Negeri 04 Ngebruk. Berhubungan dengan hal itu, tim KKN UM Desa Ngebruk berinisiatif untuk membuat suatu aplikasi pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat pelajar dalam belajar matematika.
Berdasarkan survei yang dilakukan pembelajaran matematika di SD Negeri 04 Ngebruk mengalami beberapa permasalahan diantaranya kurangnya sumberdaya manusia, metode pembelajaran monoton, serta kurangnya keterlibatan media pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan Persiapan, meliputi observasi lapangan, perizinan, persiapan alat dan bahan untuk kegiatan dan dilanjutkan dengan perencanaan kegiatan. Penjelasan sebelumnya terkait sebuah kondisi pendidikan di SD Negeri 04 Desa Ngebruk membuat kelompok KKN Reguler Universitas Negeri Malang menggagas untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi guna meningkatkan literasi digital guru dalam pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Matematika yang ada di SD Negeri 04 Ngebruk tersebut, namun dikarenakan pandemi Covid-19 di desa Ngebruk semakin tinggi maka acara tersebut diganti dengan penyerahan video tutorial terkait Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Matematika. Kegiatan penyerahan video tutorial terkait Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Matematika ini di laksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Juli 2021 pukul 11.00 WIB yang dilaksanakan disekolah. Aplikasi yang kami buat merupakan pengembangan media pembelajaran dengan alat bantu Aplikasi Adobe Flash 6 untuk dengan materi Matematika Tingkat SD yang produk luarannya berupa aplikasi dengan format (.exe). Media pembelajaran bersifat portable yang dapat digunakan dan terinstall pada Desktop dengan minimal spesifikasi 5.1.
Melalui sosialisasi yang meliputi pemanfaatan aplikasi sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan awareness tentang literasi digital dan menginspirasi guru untuk berinovasi, sehingga dapat meminimalisir risiko miskonsepsi dan kejenuhan dalam belajar siswa selama pandemi dan meningkatkan kualitas pembelajaran dari sektor desa dan secara jangka panjang mampu memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H