Lihat ke Halaman Asli

KKNMMK2UINWS2022

UIN Walisongo

Penyuluhan Mengatasi Gerakan Tutup Mulut Pada Balita di Dusun Biting,Desa Kedungboto, Kec.Limbangan

Diperbarui: 27 Agustus 2022   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN MMK Prodi Gizi Kelompok 2 UIN Walisongo Semarang di Desa Kedungboto Kecamatan Limbangan mengadakan acara berupa penyuluhan yang bertujuan untuk mengatasi Gerakan Tutup Mulut (GTM) pada balita di RT 05 Dusun Biting. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja kesehatan. Kegiatan yang dilakukan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 ini bertempat di salah satu rumah warga yang ada di RT 05 Dusun Biting yaitu rumah Ibu Indah. Dalam pelaksanaan kegiatan ini kami, mahasiswa di damping oleh Ibu Sri Indarwati selaku kader yang ada di Dusun Biting RT 05. Berdasarkan Survey Masyarakat Desa diperoleh banyaknya balita yang sulit makan sehingga dapat memberikan dampak bagi kesehatannya sehingga sasaran pada kegiatan ini adalah para ibu balita.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Kader Sri Indarwati dan Koordinator Kesehatan Muhammad Mukhlis Saputra. 

Kemudian menyampaikan materi penyuluhan mengenai stunting dan gerakan tutup mulut kepada ibu balita yang hadir pada kegiatan tersebut oleh pemateri dari salah satu mahasiswa gizi UIN Walisongo Semarang yang langsung dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama dengan ibu balita. Hampir tiba dipenghujung acara diberikan acara kreasi masakan yang berguna dalam memberikan informasi mengenai cara mengkreasikan menu makanan, modifikasi bentuk makanan hingga membuat pengembangan menu dari bahan pangan lokal yang ada di sekitar lingkungannya, setelah selesai dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama dan kegiatan berakhir dengan ditutup oleh mc. Antusias ibu balita dalam sesi diskusi membuat kegiatan ini semakin meriah dan berjalan lancar sebab adanya komunikasi dua arah yang dilakukan oleh pemateri dan audiences. Para Ibu balita banyak yang mengajukan pertanyaan karena mereka tidak tahu dan ingin mendapatkan ilmu baru agar dapat di aplikasikan pada kehidupan sehari -- hari.

Ibu Kader Sri Indarwati, Dusun Biting, Desa Kedungboto, Kendal mengucapkan terima kasih dan senang karena sudah bisa bertemu dengan mahasiswa KKN MMK Prodi Gizi Kelompok 2 UIN Walisongo Semarang karena sudah memberikan ilmu kepada semua ibu balita yang ada di RT 05 Dusun Biting ini. Kehadiran kegiatan penyuluhan ini sangat memberikan arti tersendiri bagi Ibu Balita di RT 05 Dusun Biting karena akses yang lumayan sulit untuk dijangkau dan jauh dari pemukiman warga lainnya. Diharapkan kegiatan kesehatan yang akan dilaksanakan selanjutnya bisa menjadi lebih meriah dan memberi manfaat bagi masyarakat Desa Kedungboto.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline