Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 59 KKN MIT XIV

UIN Walisongo Semarang

Produksi Susu Sapi Perah Tunjang Perekonomian Warga Kertawangi

Diperbarui: 18 Juli 2022   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anggota Kel-59 KKN MIT XIV UIN Walisongo Semarang saat mengunjungi peternakan sapi perah milik warga (Foto: dok. internal)

Bandung Barat – Susu sapi menjadi salah satu komoditas penunjang perekonomian warga Desa Kertawangi selain sayur dan hasil kebun lainnya. Hal ini tak lepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dalam mengolah Sumber Daya Alam (SDA) lokal. Senin (18/07).

Kertawangi merupakan daerah yang terletak di lereng Gunung Burangrang, dengan suhu kisaran 13˚ hingga 24˚C.  Hal ini menjadikan tanaman-tanaman di sekitar tumbuh subur dan segar. Hal tersebut menjadi nilai positif  bagi warga setempat dalam menunjang perekonomian warga, salah satunya dalam menghidupi hewan ternak yang dikelola.

Meski mayoritas bermatapencaharian sebagai petani, sebagian warga di sini sebagai peternak sapi perah, salah satunya adalah Guntur.  Ia telah menjalani profesinya tersebut  sejak tahun 1988, saat ini sapi yang ia ternak mencapai 37 ekor sapi.

Setiap hari, hasil perahan susu sapi yang bisa diambil sebanyak 150 liter susu, dengan harga jual umumnya Rp. 8000/liter. Waktu pemerasan susu dimulai pada pukul 06.00-15.30 WIB. Pengelolahan peternakan tersebut dijalani bersama dengan ayahnya dengan sejumlah karyawan, lantas hasil susu perah tersebut didistribusikan ke Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Waserda.

Koperasi Unit Desa Sarwa Mukti Waserda merupakan salah satu pusat penjualan usaha lokal warga setempat, yang diolah secara home-industry (industri rumahan). Didominasi oleh olahan berbahan susu yang dikolaborasikan dengan buah-buahan seakan menjadi simbol bahwasannya desa tersebut merupakan desa penghasil susu dan buah yang tinggi.

Tersedia berbagai macam olahan, diantaranya yakni olahan susu murni, yougurt, dodol susu, es lilin, karamel, kerupuk susu, dan masih banyak lagi olahan lainnya. (AFSF/RRR)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline