Lihat ke Halaman Asli

Guna Menciptakan Lingkungan yang Asri, Mahasiswa KKN Adakan Giat Konservasi Lingkungan

Diperbarui: 8 Juli 2023   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi : Kominfo posko 106

Demak - Dinukil dari Kitab Ihya' Ulumuddin karya Imam Al Ghazali, Rasulullah SAW bersabda mengenai kebersihan. Beliau menyebutkan bahwa kebersihan adalah  separuh dari keimanan. Beliau bersabda:

الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ

Artinya: "Kesucian itu adalah setengah dari iman." (HR Muslim). Maka dari itu, kebersihan adalah hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat di Indonesia. Mengingat negara Indonesia menjadi negara dengan penduduk muslim terbanyak baik di kawasan ASEAN maupun global. Data dari The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) bertajuk The Muslim 500 edisi 2023 menunjukkan, jumlah populasi muslim di Indonesia mencapai 237,55 juta jiwa. Jumlah populasi muslim tersebut setara 86,7% dari total populasi di Indonesia.


Kelompok KKN MIT posko 106 Desa Sidoharjo pada hari Jum'at (7/4/2023) telah melakukan giat Konservasi Lingkungan kantor balai desa Sidoharjo, Kec. Guntur. Kegiatan konservasi kebersihan ini dalam rangka untuk membuat lingkungan kantor dan sekitarnya terlihat bersih dan nyaman, sehingga masyarakat bisa memperoleh pelayanan yang lebih maksimal di balai desa. Giat kebersihan meliputi mencabut rumput liar, merapikan bunga hias, membersihkan sampah, menyapu halaman, dan teras kantor. Kegiatan tersebut juga sekaligus menyiapkan lahan tanah yang kelak akan ditanami bibit pohon pucuk merah.


Pucuk merah atau Syzygium oleana merupakan tanaman perdu yang diminati sebagai tanaman hias. Bentuk daunnya kecil dan memanjang menyerupai jarum membuat daun pucuk merah biasanya mengalami perubahan warna yaitu pada saat baru tumbuh berwarna merah menyala, kemudian berubah menjadi  cokelat kemudian berubah lagi menjadi hijau. Pohon Pucuk merah memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida (CO2) dalam jumlah besar dibandingkan jenis tumbuhan yang lain. Hal ini dilihat dari proses fotosintesis dan kandungan timbal (PB) daun pucuk merah. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki struktur akar tunggang yang kokoh. Disamping itu, tanaman ini dapat mencegah terjadinya longsor dan menyimpan cadangan air. Harapannya dengan tumbuhnya bibit pohon tersebut, dapat menjadi daya tarik masyarakat sekaligus menjaga kondisi lingkungan tetap asri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline