Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT POSKO 28 Genuksari

Pengabdian masyarakat

Semarak KKN Mahasiswa UIN Walisongo MIT-18 Posko 28 Kelurahan Genuksari, Genuk, Semarang: Posyandu Balita Penuh Antusiasme

Diperbarui: 12 Juli 2024   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Posyandu Mukti Asih, 2024 (Dokpri)

Rabu , 10 Juli 2024 mahasiswa KKN MIT-18 Posko 28 berkolaborasi bersama ibu-ibu PKK Kelurahan Genuksari, Semarang, mengadakan kegiatan rutin posyandu. Kegiatan ini bertempat di Posyandu Mukti Asih rt.10/04, Kelurahan Genuksari, Kecamatan Genuk, Semarang. Mahasiswa KKN turut membantu mempersiapkan tempat dan peralatan yang dibutuhkan, seperti timbangan bayi dan balita, alat ukur tinggi badan, alat ukur lingkar kepala dan lengan, serta buku untuk data diri.

Mahasiswa KKN terbagi menjadi beberapa pos pemeriksaan. Pos pertama adalah pos untuk pendaftaran dan data diri. Pos kedua adalah pos untuk pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan. Pos ketiga adalah pos untuk pendataan di Buku Kesehatan Ibu dan Anak, dan pos yang terakhir adalah pos penyuluhan tentang kesehatan ibu dan anak serta pembayaran iuran sebesar dua ribu rupiah.

Posyandu Mukti Asih, 2024 (Dokpri)

Kegiatan ini dihadiri oleh 65 anak, tidak semua anak dapat menghadiri kegiatan ini, dikarenakan kegiatan ini dilaksanakan pada hari aktif kerja. Walaupun begitu antusias masyarakat untuk kegiatan ini cukup tinggi, dikarenakan masyarakat di kelurahan ini sudah cukup melek terhadap kesehatan ibu dan anak. Mahasiswa KKN MIT-18 Posko 28 yang bertugas berjumlah 5 orang dan ibu-ibu PKK berjumlah 7 orang bekerja sama dengan penuh semangat untuk memastikan kelancaran kegiatan posyandu. Ibu-ibu PKK juga membagikan makanan tambahan berupa buah dan bubur kepada anak-anak yang hadir.

Posyandu Mukti Asih, 2024 (Dokpri)

Mahasiswa KKN dan ibu-ibu PKK juga berdiskusi tentang rencana kegiatan posyandu selanjutnya dan di di posyandu posyandu lainnya di beberapa rw yang ada di Kelurahan Genuksari serta bagaimana meningkatkan partisipasi warga. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi dan bukti kerjasama yang solid antara mahasiswa KKN dan masyarakat Kelurahan Genuksari. Harapannya, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan kolaborasi antar warga dan mahasiswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline