Lihat ke Halaman Asli

kkn mitdr14

UIN Walisongo Semarang

KKN UIN Walisongo Semarang Merilis Podcast Gender dengan Tema "Isu-Isu Gender dalam Rumah Tangga"

Diperbarui: 26 Juli 2022   19:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

(25/7/2022) Salah satu program kerja kelompok 4 KKN MIT-14 UIN Walisongo Semarang adalah membuat podcast bertema gender. Adakah yang apa itu podcast? Podcast merupakan siaran yang dibuat dalam format digital, baik berupa audio maupun video yang dapat diakses melalui internet. Kami sendiri memilih platform youtube sebagai media untuk siaran ini yang berbentuk video.

Podcast ini mengundang narasumber yang bernama Ibu Hijriyana, S.Pd.I yang juga sebagai Direktur KSMW dan PIMRED JURNAL EDUKASI. Tema kali ini  membahas tentang Isu Isu Gender dalam rumah tangga. Ada beberapa hal terkait isu gender yang dibahas dalam potcast ini.

Gender bukan membedakan antara laki laki dan perempuan akan tetapi hal yang mengenai pembagian peran. Gender merupakan sesuatu hal yang terbentuk dari kebiasaan dan budaya masyarakat. Berbeda dengan sex yang merupakan sesuatu yg sudah kodrat, contohnya adalah seperti perempuan menyusui. Lalu beralih kepada kesetaraan gender dalam runah tangga, antara laki-laki dan perempuan harus bersikap saling dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan saling support.

Dalam rumah tangga sering timbul budaya patriarki yaitu dimana laki laki lebih mendominasi. Budaya patriarki dapat memicu laki laki untuk berkuasa dan menjadikan perempuan sebagai boneka dan ini dapat menimbulkan ketidak adilan gender seperti kekerasan dalam rumah tangga.

Berikutnya membahas mengenai  kepemimpinan, dalam hal ini apakah perempuan bisa menjadi pemimpin dalam rumah tangga? Jawabanya adalah bisa akan tetapi harus ada kesepakatan antara keduanya, namun perlu dicatat perempuan tidak patut untuk dijadikan pemimpin dalam rumah tangga karna hal ini bukan merupakan tanggung jawab seorang perempuan. Dan alangkah baiknya seorang pemimpin dilakukan oleh seorang kepala rumah tangga yaitu suami.

Masih ada banyak hal lain yang dibahas terkait isu gender dalam podcast ini. Apabila teman teman ingin mengetahui lebih lengkap apa yang narasumber kami bahas langsung saja kunjungi akun youtube kami yaitu KKN MIT KE 14 UIN WS KELOMPOK 4 Podcast - Perspektif Gender Dalam Islam. Terima kasih semoga teman teman menikamati siaran kami




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline