Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT COMEL

Mahasiswa UIN WALISONGO SEMARANG

Semangat Merdeka Membara di Desa Payung

Diperbarui: 19 Agustus 2024   18:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Kominfo KKN

(KKN DAN WARGA SUKSES MERAYAKAN HUT RI KE-79)

Desa payung merupakan sebuah desa yang terletak dibagian Timur Laut Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal dengan luas wilayah lebih kurang 59,390 Ha Desa payung terdiri dari 2 dukuh yaitu Payung Krajan dan Tamansari. Desa payung terdiri dari 8 Rukun tetangga dan 2 Rukun Warga.

Desa payung berhasil menyajikan perayaan HUT RI yang tak terlupakan. Suasana kemeriahan menyelimuti Desa Payung dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Antusiasme warga begitu terasa dalam berbagai kegiatan yang digelar, mulai dari lomba anak-anak hingga dewasa.

Lomba-lomba tradisional menjadi daya tarik tersendiri dalam perayaan HUT RI di Desa Payung. Mulai dari lomba mewarnai, lomba pukul air, , masak nasi goreng, lomba tusuk balon, lomba makan kerupuk, lomba ceting, lomba volly air, hingga lomba karaoke. Seluruh kalangan dengan berbagai usia antusias untuk ikut serta berpartisipasi dalam lomba yang digelar, terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba.

Suasana semakin meriah dengan sorakan penonton yang menyemangati para peserta. Kehadiran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Turut menambah semarak perayaan tahun ini. Mereka aktif terlibat dalam berbagai kegiatan.

Oleh : Kominfo KKN

Selain lomba yang telah disebut tadi, Di Tingkat RT Desa payung juga menggelar Lomba K3 (Kebersihan, Kerapian, Keamanan), Lomba Tumpeng, Lomba Gerak dan Lagu. Mahasiswa KKN Posko 27 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang diberi amanah untuk menjadi juri dalam kemeriahan lomba tersebut. Kolaborasi antara Mahasiswa KKN dengan Masyarakat desa menciptakan suasana yang hangat dan penuh semangat kemerdekaan

Perayaan HUT RI ke-79 di Desa Payung tidak hanya sekedar merayakan kemerdekaan, tetapi juga menjadi momen untuk merefleksikan nilai-nilai luhur bangsa. Melalui berbagai kegiatan yang digelar, seperti lomba-lomba yang mengutamakan kerja sama tim dan lomba gerak dan lagu yang diiringi gamelan dan lagu jawa yang mempresentasikan budaya yang secara langsung menampilkan keberagaman Indonesia, semangat persatuan dan gotong royong semakin tertanam dalam hati masyarakat.

Mahasiswa KKN Posko 27 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang turut berperan aktif dalam menyukseskan perayaan HUT RI di Desa Payung. Mahasiswa KKN terlibat dalam berbagai kegiatan, mulai dari pemasangan Umbul- umbul, membuat pamflet, membantu persiapan lomba, ikut menghadiri latihan gamelan untuk persiapan lomba gerak dan lagu, mendampingi peserta lomba, hingga ikut serta menjadi peserta lomba dan juri lomba. Kehadiran Mahasiswa KKN semakin mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa dan masyarakat desa.

Perayaan HUT RI di Desa payung tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat tali persaudaraan dan menumbuhkan semangat Nasionalisme. Melalui berbagai kegiatan yang digelar, diharapkan warga Desa Payung semakin mencintai tanah air dan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline