Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT_DR16

UIN Walisongo Semarang

Menjaga Kebersihan Lingkungan dengan Kerja Bakti oleh Mahasiswa KKN MIT-14 Kelompok 16 UIN Walisongo Semarang

Diperbarui: 12 Agustus 2022   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Kerja bakti adalah salah satu kegiatan sosial yang sering dilakukan dimasyarakat. Kerja bakti juga sebagai bentuk kerja sama yang dan dilingkungan masyarakat agar pekerjaan lebih ringan dan  selesai dengan waktu yang lebih cepat serta  lingkungan menjadi bersih, rapi dan tertata. 

Adapun kerja bakti yang sering dilakukan dimasyarakat yaitu dengan membersihkan selokan,memotong ranting yang menghalangi jalan, memperbaiki jalan yang rusak, dll.  Kerja bakti juga menjadi salah satu program kerja KKN MIT kelompok 16 UIN WALISONGO Semarang yang dlakukan di desa tuwel kecamatan Bojong kabupaten Tegal. Kerja bakti ini dibantu dengan warga sekitar.

Kerja bakti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN tersebut yaitu, membuat plang nama gang,nama jalan, membersihkan lapangan voli, selokan, masjid dan sekitar pemukiman warga tuwel dan sekitarnya. Selain kerja bakti di lingkungan masyarakat kerja bakti juga bisa dilakukan dilingkungan sekolah, keluarga.  Adapun contohnya di lingkungan sekolah seperti piket membersihkan kelas, merapihkan tanaman, menata ulang pot yang rusak dll. Dalam lingkungan keluarga juga bisa dilakukan kerja bakti bersama seluruh anggota keluarga, misal mengganti genting yang rusak, membersihkan area rumah, menngganti tanaman yang udah layu, dll. Jadi kerja bakti bisa dilakukan dimana saja dengan tujuan untuk meringankan pekerjaan dan mempercepat kerja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline