Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT_DR16

UIN Walisongo Semarang

Rutinan Jami'iyyahan Ibu-Ibu Desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal

Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image Jam'iyyahan Jum'atan di kediaman Bupati Tegal, Dra. Hj. Ummi Azizah. dokpri

Jam'iyyah merupakan perkumpulan / organisasi keagamaan. Tujuannya agar mereka mengenal NU dan ajarannya serta meyakini kebenaran islam yang azas ahlussunnah wal jamaah.

Kegiatan Jam'iyyahan di desa Tuwel ini rutin dilaksanakan selama satu minggu tiga kali. Masyarakat desa Tuwel biasa menyebutnya Kamisan, Jum'atan, dan Sabtuan.

Untuk setiap harinya dalam kegiatan jam'yyahan pun di kelompokkan sesuai dengan usianya. Untuk Kamisan diisi oleh ibu-ibu yang masih muda atau biasa di sebut fatayat , untuk Jum'atan diisi oleh ibu-ibu lansia, sedangkan untuk Sabtuan diisi oleh ibu-ibu muslimat.

Jum'at, 22 Juli 2022 - Jam'iyyahan Jum'atan kali ini, kami mahasiswi KKN UIN Walisongo Semarang berkesempatan mengikuti Jam'iyyahan di kediaman Bupati Tegal beliau Dra. Hj. Ummi Azizah.

Dalam mauidzohnya, beliau menyampaikan mengenai bagaimana lika liku beliau selama menjabat Bupati Tegal, "belajar ikhlas, menjaga amanah, semakin besar jabatan seseorang maka semakin banyak godaan-godaan, banyak cobaan harus tetap sabar."

Beliau sharing beberapa pengalaman beliau dan juga memberi nasehat-nasehat kepada ibu-ibu Jam'iyyahan untuk tetap aktif dalam mengikuti kegiatan rutin Jam'iyyahan yang telah ada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline