Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UIN Walisongo: Webinar Islam dan Manajemen Stress, Membangun Kesehatan Mental dalam Islam

Diperbarui: 21 Juli 2022   02:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Kamis (7/7), Webinar dengan tema, "Islam dan Manajemen Stress", diselenggarakan oleh Mahasiswa kelompok 46 KKN MIT-14 UIN Walisongo Semarang yang dibawakan oleh ibu Dr. Nikmah Rochmawati, M. Si. Dalam acara ini tercatat setidaknya 100-an peserta mengikuti kegiatan yang diselenggarakan ini.

Manusia sebagai makhluk sosial yang terus berhubungan dengan yang lainnya tentunya dituntut untuk dapat menyesuaikan diri, pikiran dan habbitnya, dalam bersosial. Oleh karena itu, diperlukan pengendalian diri dan emosi dalam penyesuaian itu. pemateri yang juga merupakan dosen psikologi UIN Walisongo Semarang ini juga menambahkan, 

"Stress itu adalah bentuk fitrah manusia sebagai makhluk yang dituntut untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan, tidak bisa dihindari. Namun kita harus mampu menanggulangi atau mengendalikan emosi agar hal tersebut tidak berkelanjutan dan nantinya dapat melemahkan "mental healthness diri kita".

Bentuk edukasi terhadap masyarakat untuk melakukan kontrol atau manajemen emosi dan relasinya dalam agama Islam" tutur Novi sebagai penanggung jawab kegiatan kali ini.

Oleh: Ade Afrilda

Editor: Rusmiati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline