Lihat ke Halaman Asli

kknmit 2024

Kumpulan artikel dan berita acara dari setiap kegiatan KKN

Mahasiswa KKN Posko 13 Gotong Royong Bersihkan Masjid Setiap Jumat

Diperbarui: 12 Juli 2024   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa KKN MIT Posko 13 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang adakan kegiatan jum'at bersih di lingkungan Masjid Al Isra' Dusun Tempel, Desa Sendangdawuhan, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Jum'at (12/7/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja divisi lingkungan dan kesehatan. Pembersihan lingkungan masjid dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat dan kegiatan sosial keagamaan.

Di Desa Sendangdawuhan sendiri terdapat beberapa masjid yang terletak di masing -- masing dusun. Masjid Al Isra' terpilih sebagai masjid yang digunakan untuk kegiatan bersih -- bersih karena lokasinya yang paling dekat dengan posko KKN.

Koordinator Desa KKN Posko13, Helmy menjelaskan bahwa kegiatan bersih masjid dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan serta menjaga toleransi dalam moderasi beragama supaya tetap harmonis antar umat pemeluk agama.

"Harapannya dengan diadakannya bersih -- bersih masjid setiap jumat dapat meningkatkan kenyamanan warga dalam beribadah," terangnya.

Imam Masjid Al Isra', Sumari juga menyampaikan "merasa nyaman dan terbantu dengan inisiatif dari mahasiswa KKN demi menciptakan lingkungan masjid yang bersih dan nyaman sehingga warga bisa lebih khusyu' dalam beribadah," ujarnya.

Kegiatan bersih -- bersih masjid dibagi menjadi beberapa tugas, ada yang membersihkan kamar mandi, aula masjid, halaman luar masjid, lemari al qur'an, lemari mukena dan juga tempat wudhu. Harapannya dengan kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pengguna masjid dan masyarakat setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline