Lihat ke Halaman Asli

KKNMB_Posko 59

Mahasiswa-UIN Walisongo Semarang

Nyadran dan Bersih-Bersih Sumber Mata Air Bersama Warga Dusun Bengkal di Bulan Muharram

Diperbarui: 17 Juli 2024   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN MB Posko 59

Batang, 16 Juli 2024 -- Sebagai kelanjutan acara dari kegiatan perayaan tahun baru Islam, warga Desa Harjowinangun Timur yang tinggal di Dusun Bengkal bersama mahasiswa KKN MB Posko 59 dan perangkat desa melakukan kegiatan bersih-bersih jalan dan sumber mata air atau Pamsimas di Desa Harjowinangun Timur. Kegiatan ini dilakukan pada Jum'at (12/7).

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB, dengan kerja bakti membersihkan sepanjang jalan Dusun Bengkal. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan Pamsimas dan sumber mata air. Bersih-bersih sumber mata air atau Pamsimass merupakan tradisi setiap tahun pada bulan Muharram. Sebagian warga dan beberapa mahasiswa KKN pergi menuju Desa Plosowangi untuk membersihkan Pamsimas (Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat). Pamsimas ini mengalir ke seluruh Desa Harjowinangun Timur. Di sana warga membersihkan bangunan Pamsimas dan membersihkan lingkungan di sekitarnya.

Berdasarkan wawancara pada salah satu mahasiswa KKN yang ikut menuju Pamsimas, Zaki Aris Nursifa menyampaikan, "Setelah kegiatan bersih-bersih Pamsimas, warga membaca tahlil bersama, sebagai doa dan ungkapan syukur karena air Pamsimas tidak pernah surut, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama (bancakan).

Sementara itu, warga lain dengan mahasiswa KKN yang membantu di Dusun Bengkal melanjutkan membersihkan dan merenovasi bangunan mata air yang terletak di antara perbatasan Dusun Bengkal dengan Desa Pujut. Mata air ini termasuk dalam aliran Sungai Kutho Batang dan biasa digunakan oleh warga Dusun Bengkal. Setelah kegiatan bersih-bersih dan renovasi, warga melakukan doa bersama dan makan bersama.

Dokumentasi KKN MB Posko 59

Billy Room Miyarrobbi, selaku Koordinator Desa menyampaikan, "Dengan kegiatan kerja bakti dan bersih-bersih bersama ini diharapkan warga dan mahasiswa bisa kompak dalam menjaga kebersihan lingkungan sebab lingkungan yang bersih akan menciptakan masyarakat yang sehat."

Sumber: Kelompok KKN Moderasi Beragama UIN Walisongo Semarang 2024 Posko 59

Penulis: Divisi Media dan Informasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline