Lihat ke Halaman Asli

KKNMB_Posko 59

Mahasiswa-UIN Walisongo Semarang

Rutinan Kamis Wage, Mahasiswa KKN MB Posko 59 Lakukan Ziarah Kubur bersama Santri Madin Tarbiyatul Athfal

Diperbarui: 15 Juli 2024   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN MB Posko 59

Batang, 15 Juli 2024 -- Sesuai jadwal kegiatan yang ada di Madin Tarbiyatul Athfal, setiap Kamis Wage (11/7) santri madin bersama ustadz-ustadzah dan mahasiswa KKN MB Posko 59 melakukan ziarah kubur ke makam mendiang sesepuh desa di Desa Harjowinangun Timur.

Rangkaian kegiatan ziarah ini yang pertama adalah bersih-bersih makam, kemudian dilanjutkan tahlil yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa KKN yaitu Zaki Aris Nursifa.

Ziarah kubur bertujuan untuk menziarahi orang-orang shalih yang dapat menjadi kesempatan untuk tabarruk (mendapatkan barakah) dan mengambil pelajaran. Selain itu ziarah kubur dapat mengingatkan manusia akan kematian yang bisa datang kapanpun dan dimanapun.

Alyatal Husn Munsarif, salah satu anggota Divisi Pendidikan dan Keagamaan menyampaikan bahwa mengingat kematian harus ditanamkan sejak dini, sebab kematian dapat menimpa siapa saja, baik orang tua, muda, maupun anak-anak. Dengan mengingat kematian kita akan senantiasa selalu mengingat Allah dan berusaha untuk tetap istiqamah dalam beribadah.

Sumber: Kelompok KKN Moderasi Beragama UIN Walisongo Semarang 2024 Posko 59

Penulis: Divisi Media dan Informasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline