Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Lomba TPQ Guna Peningkatan Kualitas Anak-anak Terhadap Agama

Diperbarui: 9 Agustus 2023   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

posko90uinws lomba TPQ anak-anak - foto dok. pribadi

Kendal-Kompassiana. Mahasiswa KKN UIN Walisongo adakan lomba TPQ untuk anak-anak di Desa Montongsari untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta penggalian potensi anak di Desa Montongsari. (Minggu, 6/08/23)

Lomba TPQ adalah sebuah ajang lomba yang bernuansa keagamaan, dalam lomba TPQ tersebut terbagi menjadi tiga kategori yaitu lomba adzan, baca iqro', dan lomba hafalan surat pendek. Lomba tersebut diadakan di TPQ Ar-Rahmah dimulai dari pagi sampai siang. Anak-anak sangat bersemangat dalam mengikuti perlombaan yang diadakan oleh KKN UIN Walisongo yang didorong keinginan dari orang tuanya agar anak-anak mereka belajar dan menampilkan pengetahuannya pada saat belajar di Madin dan TPQ.

Jumlah anak yang mengikuti lomba kisaran 50 dimulai dari TK sampai kelas 6. Pak Abdurrahman mengatakan dalam sambutannya "Untuk anak-anak yang mengikuti lomba diharapkan menjadikan sebuah lomba tersebut seperti sekolah biasa dan mengeluarkan kemampuannya semaksimal mungkin". Serangkaian kegiatan itu juga diisi dari performa yang dimiliki salah satu anak TPQ yang mempunyai bakat terpendam dalam bernyanyi, suaranya yang merdu sampai mengundang juri serta ibu-ibu yang berada diluar melihat penampilan tersebut. 

"Diharapkan lomba TPQ ini sebagai penyemangat anak-anak dalam belajar dan terus meningkatkan ilmu yang dipelajari dibangku pembelajaran" ujar Syafiq. 

Terakhir, pembagian hadiah langsung dibagikan pada hari itu setelah acara lomba tersebut selesai. Pemenang lomba terdiri dari juara I, II, dan III. "Bagi yangt tidak mendapatkan juara jangan berkecil hati, TIM KKN sangat mengapresiasi kepada  anak-anak yang antusias mengikuti lomba tersebut sangat besar. Tim KKN walisongo pada waktu pembagian hadiah juga melakukan game dengan metode pembelajaran tentang pengetahuan keagamaan dan penguatan hafalan mereka. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline