Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT 16 Posko28

UIN Walisongo Semarang

Gebyar 1 Muharam 1445 Hijriah dan Karnaval Cluster Dahlia di Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang

Diperbarui: 20 Juli 2023   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto mahasiswa KKN MIT 16 Posko 28 bersama santriwan-santriwati TPQ Musholla Al Barokah (Dok. pribadi)

Pada hari selasa malam rabu tepat pada 18 Juli 2023 menjadi momen yang sangat ditunggu seluruh masyarakat muslim, malam dimana peringatan 1 Muharam 1445Hijriah berlangsung. Salah satu program kerja Tim KKN MIT 16 Posko 28 UIN Walisongo Semarang dalam bidang keagamaan mengadakan serangkaian acara yang diikuti oleh seluruh masyarakat di Cluster Dahlia, Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang. Acara tersebut diawali jam 16.00 WIB dengan kegiatan ziarah ke makam Mbah Luhung Alwi yang diikuti oleh anak-anak, dipimpin oleh pak ustadz bersama pendampingan dari mahasiswa TIM KKN UIN Walisongo Semarang.

Foto bersama setelah kegiatan Ziarah Wali Mbah Luhung Alwi (Dok. pribadi)

Kegiatan berikutnya dilanjutkan diruang transit tepat disebelah Mushola Al Barokah yang dibuka dengan kegiatan pembacaan Asmaul Husna, surat-surat pendek, dan do’a harian yang dipimpin oleh Nilal Muna selaku perwakilan dari Tim KKN UIN Walisongo Semarang. Menjelang maghrib kegiatan inti dimulai dengan pembacaan do’a akhir tahun dilanjutkan jama’ah maghrib. 

Sembari menunggu waktu Isya’, ibu-ibu menyiapkan konsumsi untuk di hidangan pada acara penutup. Pada saat tiba puncak acaranya karnaval dilaksanakan oleh seluruh warga Cluster Dahlia, kemeriahannya terlihat dari maskot berupa bunga dahlia yang telah dibuat oleh tim KKN sebagai simbol identitas warga cluster dahlia, tak lupa juga bahwa kegiatan ini diwarnai dengan adanya hiasan bunga manggar beserta MMT yang di bawa untuk iring-iringan saat pelaksanaan karnaval. 

Foto karnaval 1 Muharam 1445 H (Dok. pribadi)

Karnaval yang dimulai pada pukul 19.30 WIB diiringi dengan sholawat dan lampu yang mewarnai jalannya karnaval telah menjadi tontonan dan menjadi daya tarik warga sekitarnya untuk melihat. Rute yang dipilih yaitu dengan titik kumpul di Mushola Al Barokah berjalan keluar menuju puskesmas kemudian masuk gang kembali dan berakhir pada titik kumpul yang pertama. Selepas karnaval tiba saatnya pembagian jajan bagi anak-anak dan pengkondusifan. Acara dilanjutkan pada pembacaan do’a awal tahun yang dipimpin oleh Saeful Umam selaku perwakilan Tim Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo dilanjut pembacaan arwah jamak yang dipimpin oleh Gus Santo, selesai acara dilanjutkan dengan kegiatan makan bersama sebagai wujud rasa syukur dalam merayakan peringatan tahun baru Hijriah 1445 H, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Sunarto selaku pemilik perumahan Cluster Dahlia, Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang. 

Acara tersebut sangatlah berkesan, bahkan antusiasme terlihat pada saat berjalannya puncak acara karnaval. Kegiatan ini dipelopori oleh Tim KKN MIT Posko 28 UIN Walisongo Semarang bersama dengan ketakmiran Mushola Al Barokah dan partisipasi oleh warga Cluster Dahlia Meteseh Semarang. Peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah menjadi momen yang telah ditunggu dan dirayakan oleh seluruh umat muslim, begitu juga pada wilayah-wilayah lainnya yang juga ikut memeriahkan dengan berdoa bersama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline