Lihat ke Halaman Asli

kkn mit 16 posko 98

UIN WALISONGO SEMARANG

Acara Tumpengan dalam Memperingati Malam 1 Muharram 1944 H di Desa Sambongsari

Diperbarui: 7 Agustus 2023   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan tumpengan malam 1 muharram (Dok. Kominfo Posko 98)

Umat muslim di seluruh dunia memperingati 1 muharram sebagai tahun baru islam. Dimana pada waktu yang tenang tersebut umat muslim biasanya mengunjungi masjid untuk berdoa menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang yang ada disekitarnya (18/7/2023).


Di Desa Sambongsari sendiri, dalam memperingati tahun baru islam mereka melaksanakan kegiatan tumpengan bersama warga disekitar. Pada kegiatan kali ini dihadiri oleh beberapa tokoh masyakarat, tokoh agama, dan warga Rt 2 serta anggota KKN MIT 16 UIN Walisongo Posko 98.  

Kegiatan pada malam hari ini diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Lurah Desa Sambongsari dan dilanjuti kata sambutan dari perwakilan anggota KKN MIT 16 UIN Walisongo Posko 98. Setelah itu dilanjuti dengan mauidhoh dari pak ustad.. setelah kegiatan tersebut kita menyantap tumpengan tersebut.


Seperti yang dikatakan oleh pak Bani Selaku ketua Lurah di Desa Sambongsari mengharapkan dengan datangnya malam 1 muharram ini masyarakat yang ada di Desa Sambongsari ini bisa memulai hari yang baru dengan jati diri yang baru. Dan bisa memperbanyak amal ibadah dan menghindari dosa di tahun selanjutnya.


"dengan datangannya tahun baru islam ini saya berharap agar warga yang ada di Desa Sambongsari ini bisa memulai hari yang baru dan dengan jati diri yang baru. Dan saya harap agar kita semua bisa memperbanyak amal ibadah dan dapat menghindari dosa ditahun berikutnya." Tutur Pak Bani.


Seperti yang dikatakan pak Ustad Yahya bahwa dengan datangnya tahun baru islam ini, beliau berharap agar masyarakat bisa mengingat kembali pentingnya akhlak mulia yang sumbernya dari Al - Qur'an dan sebisa mungkin untuk menghindari larangan Allah SWT dan melaksanakan perintahnya. Dan dengan datangnya tahun baru islam ini bisa menjadi pengingat puncak kejayaan islam sebagai ramatan lil a'lamin yang bisa membawa kebaikan, kebenaran, dan dapat mengajarkan cinta dan kasih sayang sesama manusia dan alam semesta.


"dengan datangnya bulan yang mulai ini, saya ingin mengingatkan kemabli dengan warga semua bahwa penting sekali akhlak mulia yang sumbernya dari Al-Qur'an. Dan saya berharap agar warga disini bisa menghindari larangan Allah SWT dan dapat melaksanakan perintahnya. Dan saya harap dengan datangnya tahun baru islam 1944 H ini bisa menjadi pengingat puncak dan melaksanakan perintahnya. Dan dengan datangnya tahun baru islam ini bisa menjadi pengingat puncak kejayaan islam sebagai ramatan lil a'lamin yang bisa membawa kebaikan, kebenaran, dan dapat mengajarkan cinta dan kasih sayang sesama manusia dan alam semesta." Tutur Ustad Yahya
Reporter: Yuyun Mulyanti




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline