Lihat ke Halaman Asli

Sambut Kemerdekaan RI, KKN UIN Walisongo Gelar Aksi Cat Gapura Desa Sumbersari

Diperbarui: 18 Agustus 2023   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: Dok.KKN MIT 16 Posko 40

Kemerdekaan RI menjadi momentum penting bagi rakyat Indonesia. Berbagai macam persiapan cgnggngggn    gg ghj`dilakukan jauh hari untuk menyambut tibanya HUT RI ke-78 tersebut. Seperti halnya pengecatan gapura masuk di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal oleh Tim KKN MIT-16 Posko 40 pada Selasa (08/08/2023).

Gapura masuk Desa Sumbersari tersebut semula usang dan terdapat beberapa hasil coretan orang yang tidak bertanggung jawab. Melihat hal tersebut, Mahasiswa KKN UIN Walisongo segera bertindak untuk memperbaiki wujud gapura sebagai upaya menyambut hari kemerdekaan.

Cat yang dipilih untuk diaplikasikan pada gapura adalah 'merah' dan 'putih' yang merupakan simbol warna khas bendera Indonesia, disertai dengan tulisan "17/08/45". Selanjutnya dikatakan Bapak Supadi selaku Sekretaris Desa Sumbersari bahwa beliau sangat terkesan dengan perbaikan yang dilakukan Mahasiswa KKN UIN Walisongo, selain itu Beliau menyorot pada pemilihan warna yang digunakan untuk pengecatan gapura.

"Sebagai warga Desa Sumbersari, saya merasa bangga dengan semangat generasi muda saat ini. Apalagi dengan pengecatan ulang gapura ini tentu akan meningkatkan semangat warga terkhusus generasi muda. Warna merah yang berarti berani dan putih yang berarti suci sangat identik dengan perayaan HUT Kemerdekaan, sehingga hal ini bisa menjadi pengingat untuk kita semua untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang sebelum kita," tuturnya.

sumber: Dok.KKN MIT 16 Posko 40

Selain melakukan pengecatan pada Gapura masuk Desa, Mahasiswa KKN UIN Walisongo juga bergotong-royong untuk membersihkan area sekitar gapuro. Dimulai dari pemungutan sampah pada area sungai kecil samping gapura, pemotongan rumput liar, dan selanjutnya pembakaran. Aksi Mahasiswa KKN UIN Walisongo tersebut mendapat sambutan baik dari berbagai pihak.

"Banyak sekali sumbangsih dari segala aspek termasuk penyaluran inovasi untuk mengecat gapura yang sangat baik. Langkah yang dipilih Mahasiswa KKN UIN Walisongo ini cukup cerdas, karena ketika awal masuk desa yang dipandang adalah gapura masuk, dan mereka berhasil mengembalikan gapura yang indah ini untuk menjadi penyambut sekaligus penyemangat," ujar Bapak Maskon selaku Polisi Masyarakat di Desa Sumbersari.

Dengan adanya pengecatan gapura ini, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 40 berharap dapat memupuk jiwa nasionalisme warga Desa Sumbersari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline