Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT16

mahasiswa

KKN MIT 16 Posko 16 Berpartisipasi dalam Kegiatan Posbindu Lansia RW I Sukorejo Gunungpati

Diperbarui: 27 Juli 2023   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama mahasiswa KKN MIT 16 Posko 16 UIN Walisongo Semarang dengan ibu-ibu posyandu lansia/Dokumentasi pribadi

 

SEMARANG - KKN MIT 16 Posko 16 UIN Walisongo berpastisiapasi dalam kegiatan posyandu lansia di RW I Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Sabtu, (22/07/2023).

Posbindu Lansia merupakan pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan terhadap Lansia. Pelaksana kegiatan adalah masyarakat yang telah dilatih menjadi kader kesehatan setempat di bawah bimbingan Puskesmas. Sedangkan pengelola Posbindu Lansia, adalah pengurus yang dibentuk oleh desa.

 Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan kesehatan "Tentang Pola Hidup Sehat Lansia" yang disampaikan oleh petugas dari Puskesmas Sekaran Gunungpati, mengingatkan kepada para lansia untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan mereka secara rutin dan melakukan pola hidup sehat.
Setelah selesai penyuluhan, dilanjutkan dengan penimbangan berat badan, pemeriksaan tensi darah dan pemeriksaan gula darah. Kegiatan Posbindu dilaksanakan untuk menjaga dan memantau kesehatan lansia. 

Mahasiswa KKN MIT 16 Posko 16 sedang membantu Ibu-ibu Posbindu untuk menginput data peserta/Dokumentasi pribadi

Para lansia juga terlihat cukup antusias, mengikuti kegiatan pengecekan kesehatan yang rutin diadakan sebulan sekali. Tercatat ada 22 lansia yang hadir.

"Tujuanya adanya Posbindu lansia untuk pengecekan kesehatan lansia dan pra lansia, supaya lansia selalu sehat," ucap Nilla Ketua Posbindu Lansia RW I.

Salah seorang warga menuturkan, datang ke Posbindu untuk kontrol kesehatan dan mengecek kadar gula darahnya. Warga tersebut juga mengapresisasi kegiatan yang dilakukan oleh tenaga medis dan kader posbindu RW I.

Penulis : Khoirul Nur H.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline