Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT16

mahasiswa

Senam Lansia Serentak bersama Lansia Kecamatan Gunungpati Diikuti Expo UMKM

Diperbarui: 2 Agustus 2023   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Senam Lansia (dokumentasi pribadi)

Pada hari sabtu, 8 Juli 2023 (8/7/2023), bersamaan dengan diadakannya Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 tahun 2023 pada 29 Mei lalu, setiap perwakilan kelompok dari 16 desa di Kelurahan Gunungpati melaksanakan perlombaan senam Tera. Tema yang digunakan dalam kegiatan kali ini adalah "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat". Hari Lanjut usia ini dirayakan untuk menghormati dan mengajak para lansia atau orang-orang yang sudah berusia lanjut untuk senantiasa menjaga kesadaran akan pentingnya peran dan kesehatan mereka. Akan ada banyak serangkaian acara dalam rangka perayaan hari spesial ini.

Perayaan Hari Lansia Nasional di Kecamatan Gunungpati, Semarang ini diawali oleh senam Tera oleh seluruh lansia yang hadir di Kantor kecamatan. Selanjutnya, acara dibuka oleh sambutan dari Camat Gunungpati yaitu Pak Sabar Trimulyono, S.IP. yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua senam Tera Semarang.

"Bersenam ria, bergembira ria dengan senam lansia. Tunjukkan bahwa kita yang lanjut usia juga harus tetap semangat" tutur pak Agus Supriyanto selaku ketua STI (Senam Tera Indonesia). Beliau juga melanjutkan ntuk mengucapkan yel-yel STI "Siapa kita?? STI!!  STI? SEHAT, TENTRAM, INDAH PERILAKU KITA"

Acara kemudian dilanjutkan dengan perlombaan dari kelompok senam Tera setiap desa.

Acara tersebut juga diikuti dengan kegiatan expo umkm dari desa di seluruh kecamatan Gunungpati. Delapan desa berpartisipasi pada kegiatan siang hari dan delapan desa yang berpartisipasi di kegitan malam hari. Setiap desa saling memamerkan UMKM unggulan di desa mereka masing-masing yang di tunjukkan di setiap stand yang diberikan. Berbagai macam UMKM seperti sambal ijo, tape ketan, jajanan pasar, olahan. KKN MIT 16 Kelurahan Sukorejo juga turut bergabung untuk mendampingi Expo UMKM di stand milik kelurahan Sukorejo yang menampilkan berbagai UMKM unggulan desa seperti sambal ijo, tape ketan, bacem tahu-tempe dan juga kering tempe.

Mahasiswa KKN MIT 16 Posko 16 mengikuti kegiatan expo UMKM (dokumentasi pribadi)

Acara seperti ini juga memberikan wadah potensi desa dari sektor UMKM untuk berkembang dan mengoptimalkan potensi kearifan lokal desa yang juga bisa menjadi dukungan untuk UMKM agar bisa menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah.

Penulis : Minka Faiza B.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline