Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT14 KELOMPOK54 UIN WS

Mahasiswa UIN Walisongo

Posyandu di Dusun Sekretek

Diperbarui: 28 Agustus 2022   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarang- Mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terpadu dari Rumah 14 (KKN MIT DR 14) kelompok 54 UIN Walisongo Semarang turut berkontribusi dalam membantu kegiatan desa yaitu posyandu di Kelurahan Karangmalang, Kecamatan Mijen, Semarang tepatnya di Dusun Sekretek RT 02 RW 03, Selasa 19 Juli 2022.


Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.


Kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dusun Sekretek setiap sebulan sekali. Keikutsertaan mahasiswa KKN UIN Walisongo dalam kegiatan ini untuk membantu sekaligus menambah wawasan.

Kegiatan ini dimulai dengan pendaftaran seperti pengisian nama anak, nama orangtua, usia anak, dll. Setelah itu mengantri dan ketika gilirannya, mereka mengumpulkan buku tumbuh kembang balita dan anak akan ditimbang, ukur tinggi badan, lingkar kepala,dll.


Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN UIN Walisongo sangat membantu dikarenakan kurangnya personil sehingga membutuhkan tenaga yang banyak mengingat jumlah balita juga bertambah.

Penulis: Lujeng Luthfiana Muzdalifah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline