Lihat ke Halaman Asli

KKNMIT1415

MAHASISWA

Dukung UMKM di Jragung, KKN UIN Walisongo Mengadakan Sosialisasi Technopreneurship dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Klobot Jagung

Diperbarui: 10 Juli 2022   18:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Sosialisasi Technopreneurship dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Klobot Jagung (dok istimewa)

                                           

Jragung, Demak-KKN UIN Walisongo Semarang Kelompok 15 adakan acara Sosialisasi Technopreneurship dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Klobot Jagung Menjadi Produk Ekonomis pada Jum'at 8/7. Sosialisasi dan pelatihan tersebut dihadiri oleh Ibu-ibu kader PKK di Kantor Kepala Desa Jragung. Produk yang dihasilkan yaitu berupa hiasan mahar pernikahan.

Kebanyakan warga desa Jragung hanya memanfaatkan klobot jagung menjadi pakan hewan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi baru dalam pemanfaatan limbah klobot jagung salah satunya dengan membuatnya menjadi produk ekonomis. Alasan ini diutarakan oleh Kordes (Koordinator Desa) KKN Ahmad Akbarudin.

"karena melihat banyaknya limbah jagung yang tidak terpakai, maka kami berusaha untuk memanfaatkannya sebagai kerajinan sehingga dapat menghasilkan nilai ekonomi. Untuk pelatihan kali ini kita akan memanfaatkan klobot menjadi hiasan mahar." terangnya.

Pelatihan pemanfaatan klobot jagung menjadi hiasan mahar di pandu oleh Muhammad Reiza Faza, Loviana Intan Az-Zahro dan Mia Novita Sari selaku Divisi Kewirausahaan. Selain pelatihan pemanfaatan klobot, Divisi Kewirausahaan juga memberikan teori Technopreneurship agar masyarakat dapat menjalankan bisnis berbasis teknologi.

Reiza mengatakan bahwa sosialisasi technopreneurship penting dilakukan agar masyarakat tidak hanya pandai dalam berwirausaha, tetapi juga dapat mengikuti perkembangan teknologi.

"Pemahaman tentang Technopreneurship itu penting, agar kita tidak hanya pandai dalam berwirausaha tetapi kita juga dapat mengikuti perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi semakin pesat, oleh karenanya cara berjualan atau memasarkan produk kita juga harus mengikuti perkembangan itu agar dapat bersaing di zaman modern seperti sekarang.  Dengan menjadi technopreneur, maka kita akan paham bagaimana strategi memasarkan produk melalui internet dan handphone. Kita bisa menjual melalui market place seperti Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya." paparnya.

Adanya Sosialisasi Technopreneurship dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Klobot Jagung Menjadi Produk Ekonomis diharapkan dapat mendorong perkembangan UMKM di desa Jragung. Sehingga limbah jagung tidak hanya dibakar atau dijadikan sebagai pakan hewan saja, tetapi bisa dimanfaatkan menjadi sebuah produk yang menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline