Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT RINGINARUM

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Gandeng UMKM dan PKK Kelompok KKN MIT Posko-48 UIN Walisongo Semarang Laksanakan Seminar Digital Marketing UMKM

Diperbarui: 14 Agustus 2024   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi Seminar Ekraf 

Posko.48, Kendal 14/08/2024- Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terpadu (MIT) Posko 48 laksanakan kegiatan Seminar Digital Marketing bersama kelompok UMKM dan PKK Desa Ringinarum, Selasa, 06 Agustus 2024. 

Seminar Digital Marketing UMKM merupakan kegiatan edukatif yang dilakukan dengan tujuan untuk memberdayakan kelompok komunitas lokal terkhusus pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta kelompok PKK melalui pemberian pengetahuan dan keterampilan dasar dalam melakukan pemasaran digital.

Pada kegiatan Seminar Digital Marketing UMKM yang dilaksanakan oleh kelompok KKN MIT-Posko 48 kegiatan terlaksana dengan di pandu oleh pemateri Bapak Husni Mubarok yang merupakan Freelancer Marketing Strategist, Bussines Development & Digital Marketer.

Pada materi seminar difokuskan pada bagaimana pemanfaatkan berbagai platform digital, seperti media sosial, e-commerce dan strategi pemasaran online lainnya, untuk mengembangkan bisnis lokal, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan pendapatan. 

Salah satu materi yang disampaikan oleh Husni Mubarok seaku pemateri adalah bahwa dalam melakukan pemasan produk kita perlu memperhatikan traffic, yakni cara untuk mendatangkan orang atau calon pembeli. Traffic berkaitan erat dengan lokasi atau sasaran dimana kita dapat memasarkan produk kita. Dimana semakin produk kita ramai dilintasi oleh mobilisasi manusia baik secara online maupun offline maka produk kita akan semakin berpotensi untuk menarik minat pembeli. 

Dalam menenfukan traffic Husni Mubarok juga mengatakan bahwa traffic source dapat dilakukan melalui 2 cara. Cara pertama adalah acra yang berbyar atau (paid) dimana pada cara ini dilakukan dengan menggunakan jasa iklan, influencer dan paid promote. Sedangkan cara kedua adalah gratis atau (organic) cara promosi kedua biasanya dilakukan secara manual dan membutuhkan konsistensi. 

Zihni Zulfahmi selaku ketua panitia kegiatan berharap bahwa Melalui kegiatan Seminar Digital Marketing ini semoga dapat meningkatkan pegetahuan dan keterampilan para pemilik UMKM dan ibu-ibu PKK Desa Ringinarum dalam mengembangkan usaha-usaha yang dimiliki.  

"Melalui kegiatan ini saya berharap bahwa kegiatan seminar digital marketing ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada pemilik UMKM di Desa Ringinarum dalam mengembangkan usaha, serta ibu-ibu PKK Desa Ringin Arum," Ujar Zihni Zulfahmi. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline