Lihat ke Halaman Asli

KKN MIT RINGINARUM

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Partisipasi KKN MIT-18 Posko 48 UIN Walisongo Semarang dalam Sambut Posyandu Balita dan Lansia di Dusun Kumpulsari

Diperbarui: 10 Juli 2024   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Dokumentasi Posyandu Dusun Kumpulsari

Posko.48, Kendal, (10/07/2024)- KKN Mandiri Inisiatif Terpadu (MIT) UIN Walisongo Semarang posko 48 turut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu yang dilaksanakan di Dusun Kumpulsari, Desa Ringinarum, Kabupaten Kendal, Rabu, 10 Juli 2024.

Posyandu yang dilaksanakan merupakan posyandu balita dan posyandu lansia, kegiatan posyandu dimulai pada pukul 08.30 pagi, dilaksanakan di rumah Ibu Sopiyati yang merupakan warga Dusun Kumpulsari sekaligus kader posyandu Dusun Kumpulsari.

Bapak Muhammad Fikri Nuhas selaku Kadus (Kepala Dusun) Dusun Kumpulsari mengatakan bahwa kegiatan posyandu ini dilaksanakan di Dusun Kumpulsari dengan peserta yang merupakan gabungan dari dua dusun, yakni Dusun Kumpulsari dan Dusun Tegalsari. Adapun jumlah peserta posyandu dari kalangan balita yakni sebanyak 38 anak, dan 28 peserta dari kalangan lansia.

“Peserta dari posyandu terdiri dari dua dusun, yakni Dusun Kumpulsari dan Dusun Tegalsari, adapun jumlah peserta yakni balita sebanyak 38 anak dan lansia sebanyak 28 orang” ujar Bapak Muhammad Fikri Nuhas.

Kegiatan posyandu pada balita dilakukan dengan melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan. Sedangkan pada posyandu Lansia dilakukan dengan mengecek berat badan, tinggi badan, lingkar perut, dan tensi darah.

Pada kegiatan posyandu Ibu Tutik Khuzaimah yang merupakan kader posyandu di Desa Kumpulsari mengatakan bahwa, peserta posyandu turut diberikan makanan yang didalamnya harus mengandung protein, kacang-kacangan dan buah-buahan.

“Untuk makanan yang diberikan penting mengandung protein, kacang-kacangan, dan buah-buahan” ujar Ibu Tutik Khuzaimah.

Pada kegiatan posyandu di Dusun Kumpulsari anggota KKN Posko-48 yang terwakili 6 anggota turut mengikuti kegiatan posyandu hingga selesai, serta turut membantu kader posyandu Dusun Kumpulsari dalam melakukan input data hasil posyandu lansia ke dalam Aplikasi Sehat Indonesiaku.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline