Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Posko 04 Ikut Memeriahkan Acara Kirab Budaya Desa Gempolsewu

Diperbarui: 12 Juli 2024   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Pribadi

Kendal, 12 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-18 Posko 04 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang turut berpartisipasi aktif dalam memeriahkan acara Kirab Budaya yang di selenggarakan di Desa Gempolsewu pada hari Kamis (11/07/2024).

Kirab Budaya merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan di Desa Gempolsewu, acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pesta Laut Tawang 2024 Desa Gempolsewu Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Pada tahun ini, mahasiswa KKN UIN Walisongo turut membantu dalam mempersiapkan dan mengkoordinir peserta Kirab Budaya.

Berbagai elemen masyarakat setempat yang turut berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan kirab budaya ini diantaranya yaitu mulai dari Pemerintah Desa setempat, Jajaran Ibu-Ibu PKK, SDN 01 Gempolsewu yang menampilkan Marching Band, Dukuh Kumpulsari RT 06 RW 04 dengan menampilkan kostum daur ulang, SD N 02 Gempolsewu yang menampilkan Marching Band, Kantor P3 Tawang dengan mengenakan baju adat, SD N 03 Gempolsewu yang menampilkan Marching Band, SD N 04 Gempolsewu yang menampilkan Marching Band, SD IT Al Azmi Gempolsewu yang menampilkan Marching Band, Komunitas Nelayan Pursein Tawang (KNPT) dan TPI Tawang, Kelompok Penjual Solar dan yang terkahir dari Puskesmas Kesehatan Desa Gempolsewu.

Acara kirab budaya berlangsung dengan meriah dan dihadiri oleh ratusan warga yang sangat antusias baik itu warga yang mengikuti acara kirab budaya maupun warga yang menonton acara tersebut. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan lain selain kirab budaya seperti bazar kuliner, pameran kerajinan, dan lainnya.

Doc. Pribadi

Kepala Desa Gempolsewu, Bapak Carmadi menyampaikan apresiasinya kepada peserta kirab budaya dan anggota KKN UIN Walisongo Semarang. "Saya sangat mengapresiasi kepada seluruh warga yang sudah mengikuti acara kirab budaya ini, karena acara ini merupakan bentuk pelestarian budaya di Desa Gempolsewu. Saya juga merasa bangga kepada mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang yang sudah membantu panitia dalam acara kirab budaya, kehadiran kalian membawa semangat baru bagi warga desa, dan saya berharap acara ini bisa membawa manfaat bagi semuanya", ujarnya.

"Kami merasa bersyukur bisa melaksanakan KKN di Desa Gempolsewu ini pada waktu yang bertetapan dengan banyak serangkaian kegiatan pesta laut yang diadakan oleh panitia pesta laut di Desa Gempolsewu. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk belajar langsung dari masyarakat dan turut serta dalam melestarikan budaya lokal. Kirab Budaya yang diselenggarakan oleh panitia pesta laut ini cukup meriah dan dihadiri oleh banyak elemen masyarakat yang ada di Desa Gempolsewu", ujar ketua posko 04 KKN UIN Walisongo Semarang, Shohibul Faroeh.

Dengan keikutsertaan mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Posko 04 dalam memeriahkan acara kirab budaya Desa Gempolsewu, diharapkan hubungan antara dunia akademik dan masyarakat dapat semakin erat, serta dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan pelestarian budaya di Desa Gempolsewu, serta memberikan kesempatan yang baru bagi mereka untuk mengenal dan belajar berbagai budaya yang ada, salah satunya acara kirab budaya dalam rangkaian pesta laut Tawang 2024 di Desa Gempolsewu.

Doc. Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline